Tuesday, June 5, 2012

Halaman 128

Ia menceritakan mimpinya pada ahli tafsir mimpi, maka dikatakan kepadanya takwil mimpinya itu, "Engkau akan menjadi raja selama tiga atau tiga puluh tahun, tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan akan banyak di masamu itu, dan akan banyak tumbuh-tumbuhan yang wangi bau-nya." Siapa yang bermimpi membakar sesuatu yang mengeluarkan bau yang wangi akan mendapatkan untung, kebaikan, dan kehidup-annya dalam pujian yang baik.
Pakaian terbuat dari empat macam yaitu: bulu-buluan, rambut, kapas dan pohon rami (kain linen). Pakaian yang terbuat dari bulu melambangkan harta. Pakaian yang terbuat dari rambut melambangkan harta di bawah tingkat bulu-buluan. Pakaian yang terbuat dari kapas melambangkan harta. Pakaian yang terbuat dari pohon rami melambangkan harta di bawah tingkat kapas.
Pakaian yang paling baik adalah pakaian yang baru, tebal, dan longgar. Pakaian yang tidak dipotong lebih baik dari yang dipotong. Pakaian yang kotor melambangkan kesusahan dan kerusakan agama. Pakaian yang kotor dan kusut di badan dan kepala melambangkan kesedihan.
Pakaian putih melambangkan kebaikan dunia dan agama. Pakaian merah baik bagi wanita, sedangkan untuk laki-laki pakaian merah tidak menandakan takwil yang disukai karena itu adalah pakaian setan, kecuali bila yang berwarna merah adalah sarung, tikar, atau selimut yang tidak menunjukkan sebagai pakaian laki-laki, maka ini melambangkan kegembiraan dan kebahagiaan. Pakaian merah juga melambangkan kesedihan. Pakaian kuning semuanya melambangkan penyakit. Pakaian merah dan kuning di badan tidak akan memberi mudarat, karena tidak dilarang dan tidak buruk bagi laki-laki. Memakai pakaian hijau melam­bangkan kebaikan beragama karena pakaian hijau adalah pakaian penduduk surga. Pakaian hitam melambangkan keshalehan bagi orang yang memakainya dalam keadaan terbangun. Mengenalnya melambangkan martabat yang tinggi, harta, dan kekuasaan. Selain dari itu makruh memakainya.
Pakaian dari sutra banyak jenisnya. Demikian pula dengan pakaian dari bulu. Tidak ada pakaian yang lebih baik dari pakain yang terbuat dari bulu, kecuali pakaian bercorak yang terbuat dari kapas; jika tidak bercampur dengan sutra, ia me­lambangkan terkumpulnya antara kebaikan dunia dan agama, sedangkan corak yang paling baik adalah corak yang dibuat dengan tinta.
Pakaian sutra yang bercorak melambang­kan harta yang haram dan kerusakan agama. Pakaian sutra dari bulu yang ditenun, sutra dari ulat, dan sutra yang bergambar melam­bangkan penguasa, karena pakaian jenis ini hukumnya makruh dalam agama dilarang mema­kainya, kecuali dalam peperangan yang melam­bangkan keshalehan.
Memakai serban mahkota arab melam­bangkan kekuasaan, yaitu kekuatan seorang laki-laki, mahkotanya dan kekuasaannya. Bermimpi melilitkan serban di kepala dengan satu lilitan melambangkan perjalanan yang berkesan dan bagus; jika bermimpi melihat serban bersambung dengan yang lain melambangkan kekuasannya akan bertambah. Serban dari sutra melambangkan kekuasaan, kerusakan agama, dan harta yang haram. Serban dari kapas atau bulu melambangkan kekuasaan yang digunakan untuk memperbaiki agama dan dunia. Serban sutra dari bulu yang dipintal, dan warnanya sejalan dengan warna pakaian berarti akan mendapat kekayaan.
Nabi Ishaq as bermimpi seolah-olah serbannya lepas. Lalu turunlah peringatan dari Allah SWT untuk meninggalkan istrinya. Lalu beliau bermimpi lagi melihat serbannya telah seiring dengan kembalinya istrinya kepadanya.
Abu Muslim al-Khurasany bermimpi seolah-olah Rasulullah saw memberinya serban berwarna merah. Beliau melilitkan serban itu di kepalanya sebanyak dua puluh dua lilitan.
Lalu ia menceritakan mimpinya pada ahli tafsir mimpi. Ahli tafsir mimpi berkata, "Kamu akan memegang kekuasaan (jabatan) selama dua puluh dua tahun dengan zalim." Lalu terjadilah apaapa yang dikatakan ahli takwil tersebut.

No comments:

Post a Comment