Halaman 71

Barangsiapa bermimpi melihat ada anting-anting di telinganya, berarti ia akan menikahkan putrinya dengan seseorang, lalu dari orang itu akan lahir seorang anak laki-laki, yaitu cucunya. Namun ada yang mentakwilkan bahwa anting-anting melambangkan kehidupan beragama. Sedangkan jika seseorang bermimpi mengisi telinga dengan sesuatu, maka itu adalah pertanda kekafirannya. Dan jika seseorang bermimpi memiliki banyak telinga berarti ia telah berpaling dari kebenaran dan tidak mau menerima kebenaran itu. Allah SWT berfirman, "Apakah berhala-berhala mempunyai kaki yang dengan itu ia dapat berjalan, atau mempunyai tangan yang dengan itu ia dapat memegang dengan keras, atau mempunyai mata yang dengan itu ia dapat melihat, atau mempunyai telinga yang dengan itu ia dapat mendengar? ...." (QS. al-A'raf: 195)
Dan dikatakan bahwa jika seorang yang kaya raya bermimpi memiliki banyak telinga yang bagus dan serupa, berarti ia akan mendengar banyak kabar rahasia yang menggembirakan. Sedangkan jika telinga-telinga tersebut tidak sama bentuknya, maka itu menandakan bahwa ia akan mendengar kabar rahasia yang tidak dikehendaki.
Jika seseorang bermimpi melihat ada mata di kedua telinganya, berarti ia akan menderita penyakit buta, sehingga ia terpaksa memeriksa dan meneliti segala sesuatu dengan telinganya. Padahal sebelumnya, pekerjaan tersebut ia lakukan dengan matanya. Namun ada yang menafsirkan bahwa mimpi melihat banyak mata menandakan bahwa orang yang melihatnya akan dipuji dan dihormati. Mereka itu adalah orang-orang yang ingin agar manusia mematuhi dan mengikuti kehendaknya, seperti: para raja, anak-anak dan kaum perempuan. Dan jika seorang yang kaya raya melihat mimpi ini, berarti ia akan mendapatkan kabar baik yang patut disyukuri. Dimana hal itu akan terjadi jika telinga-telinga itu bagus dan bentuknya berbeda-beda. Sedangkan jika telinga-telinga itu jelek dan bentuknya tidak bagus, maka itu menandakan bahwa ia akan menerima berita buruk yang tercela. Sedangkan bagi para budak mimpi ini menandakan bahwa ia akan teus menjadi budak, mendengar dan mematuhi perintah majikannya.
Adapun bagi seorang yang sedang tergugat atau tertuduh dalam suatu perkara, ini menandakan bahwa ia pasti akan mendapatkan hukuman.
Diriwayatkan bahwa seorang lelaki bermimpi mempunyai dua belas telinga. Lalu ia menceritakannya kepada seorang pentakwil mimpi. Dan orang itu mengatakan bahwa jika ia memiliki para budak dan pelayan, berarti ia akan mendapatkan kebaikan yang banyak. Jika ia orang kaya, berarti ia akan menerima berita dari berbagai negeri sesuai dengan jumlah telinga yang ia lihat, dimana berita itu dikirim karena masalah penghidupan atau rezeki. Jika ia seorang budak, maka ia akan mendapatkan celaan dan kesedihan. Dan jika ia memiliki berbagai perkara, berarti ia akan menerima hukuman yang banyak dari hakim dan mendengar perkataan-perkataan yang keji. Serta jika ia sedang dalam peperangan, maka itu menandakan bahwa ia akan mengalahkan semua musuhnya.
Barangsiapa bermimpi melihat jenggotnya memanjang melebihi batas, maka itu menandakan hutang dan kesedihan. Dan siapa bermimpi melihat jenggotnya memanjang sampai ke tanah, berarti sebentar lagi ia akan meninggal dunia. Allah SWT berfirman, "Dari bumi [tanah] itulah Kami menjadikan kamu dan kepadanya Kami akan mengembalikan kamu dan daripada-nya Kami akan mengeluarkan kamu pada kali yang lain." (QS. Tha Ha: 55)
Adapun jika jenggotnya memanjang sampai melekat di perut, berarti ia akan memperoleh harta dan kedudukan (yang ia bekerja keras dalam mencapainya) sesuai dengan banyak tidaknya rambut yang melekat di perutnya itu. Sedangkan jenggot yang panjangnya pas serta kelihatan bagus menandakan harta kekayaan, jabatan dan kehidupan yang baik. Dan ada yang menafsir-kan bahwa jenggot yang memanjang sampai ke pusar menandakan bahwa orang yang melihatnya telah melangggar perintah Allah SWT. Jika yang memanjang itu hanya rambut di pinggiran jenggot dan bukan tengahnya, berarti ia akan memperoleh harta lalu orang lain yang menikmatinya. Diriwayatkan bahwa seorang lelaki mendatangi Ibnu Sirin dan berkata,