Halaman 53

Barangsiapa bermimpi dimasukkan ke dalam surga, maka ia akan mendapatkan kebahagiaan dan keamanan di dunia dan akhirat. Allah SWT berfirman, "[Dikatakan kepada mereka], 'Masuklah ke dalamnya dengan sejahtera lagi aman." (QS. al-Hijr: 46)
Sedangkan jika ia bermimpi dimasukkan ke dalam surga, itu berarti ajalnya sudah dekat. Namun ada yang mentakwilkan bahwa orang tersebut akan akan mendapatkan nasihat dari orang yang dalam mimpi memasukkannya ke dalam surga, lalu ia bertobat dari dari dosa-dosa yang ia perbuat, itu jika ia mengenalnya. Dan ada juga yang mentakwilkan bahwa mimpi masuk ke dalam surga menandakan tercapainya tujuan setelah melewati berbagai kesulitan, karena surga menghapus semua kesusahan dan kesulitan yang tidak dikehendaki. Serta ada juga yang menafsirkan bahwa orang yang melihat mimpi ini akan berteman dengan golongan orang-orang besar dan terhormat, berhubungan baik kepada suluruh manusia, dan menegakkan perintah-perintah Allah SWT. Sedangkan apabila seseorang bermimpi dikatakan kepadanya, "Masuklah ke dalam surga!" Tetapi ia tidak memasukinya, maka itu menandakan bahwa ia meninggalkan agamanya. Allah SWT berfirman, "Sesungguh-nya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak [pula] mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lubang jarum. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat kejahatan." (QS. al-A'raf: 40)
Dan jika seseorang bermimpi dikatakan kepadanya bahwa ia akan memasuki surga, berarti ia akan memperoleh harta warisan, karena Allah berfirman, ".... Dan diserukan kepada mereka, 'Itulah surga yang diwariskan kepadamu, disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan." (QS. al-A'raf: 43)
Mimpi berada di surga Firdaus menandakan bahwa orang yang melihatnya akan memperoleh ilmu dan hidayah. Jika ia memasukinya dengan wajah tersenyum, itu berarti ia banyak berdzikir mengingat Allah SWT. Sedangkan jika ia memasukinya sambil menghunuskan pedang, berarti ia akan menyuruh manusia kepada kebaikan dan mencegah mereka dari kemungkaran, serta ia akan mendapatkan nikmat, pujian dan pahala.
Adapun jika seseorang bermimpi duduk di bawah pohon thuba, itu berarti ia akan mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat. Allah SWT berfirman, "Orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, bagi mereka 'thuba' (Thuba adalah sejenis pohon yang terdapat di dalam surga) dan tempat kembali yang baik." (QS. ar-Ra'ad: 29)
Dan apabila seseorang bermimpi berada di taman yang terdapat di surga, berarti ia akan dianugerahi keikhlasan dan kesempurnaan dalam beragama. Sedangkan mimpi memakan buah-buahan surga menandakan bahwa orang yang melihatnya akan dianugerahi ilmu pengetahuan yang kadarnya ditentukan oleh banyak tidaknya buah-buahan yang ia makan. Begitu juga dengan mimpi meminum air, khamar dan susunya, karena ia akan dianugerahi ilmu, hikmah serta kekayaan. Dan apabila seseorang bermimpi bersandar di atas dipannya, itu menandakan kesucian dan keshalehan isterinya. Namun jika ia tidak tahu sejak kapan ia masuk dalam surga, itu berarti kekuasaan dan nikmat akan selalu menyertainya selama ia hidup di dunia. Sedangkan jika seseorang bermimpi dilarang untuk memakan buah-buahan yang terdapat di surga, maka mimpi ini adalah pertanda kerusakan agamanya. Allah berfirman, ".... Sesungguhnya orang yang mempersekutukan [sesuatu dengan] Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolong pun." (QS. al-Ma-idah: 72)
Dan apabila seseorang bermimpi memungut buah-buah yang ada di surga, itu menandakan bahwa orang lain mengambil manfaat dengan ilmunya sedangkan ia sendiri tidak menggunakan dan memanfaatkan ilmunya itu.