Halaman 78

Di samping itu, rambut ketiak yang panjang juga melambangkan kehidupan religius dan ke-hormatan. Jika seseorang bermimpi melihat banyak bulu di ketiaknya, berarti ia akan mengumpulkan harta kekayaan dari ilmu pengetahuan, kekuasaan dan perdagangan (dan sebagainya) yang ia geluti, dengan penuh kesabaran, tanpa mempedulikan aspek agama dan kekesatriaan. Dan apabila ia melihat banyak bulu halus pada ketiaknya, itu menandakan bahwa ia memiliki banyak sanak famili.
Bagi kaum lelaki, punggung di dalam mimpi melambangkan nilai, harta, letak kekuatan dan tempat bersandar dan meminta pertolongan. Jika seseorang bermimpi melihat punggungnya bengkok, maka itu adalah malapetaka yang akan menerjangnya. Namun ada yang menafsirkan bahwa mimpi tersebut menandakan waktu tua.
Apabila seseorang bermimpi melihat punggung sahabatnya, itu menunjukkan bahwa sahabatnya itu akan menjauhi dan meninggalkannya. Sedangkan mimpi melihat punggung musuh menandakan keamanan dari kejahatan yang ia lakukan terhadapnya. Adapun mimpi melihat punggung perempuan yang sudah tua renta menandakan kematian. Mimpi melihat punggung anak gadis menandakan bahwa orang tersebut sedikit terlambat dalam mengejar apa yang ia idam-idamkan. Dan mimpi melihat punggung wanita dewasa diartikan sebagai usaha memperoleh sesuatu yang sulit untuk dicapai.
Tulang belakang ditafsirkan sebagai letak ketabahan, anak dan kekuatan. Barangsiapa bermimpi mempunyai tulang belakang yang keras, berarti ia diberi kecerdasan. Dan ada yang menafsirkan bahwa ia akan dianugerahi seorang putra yang kuat Serta ada juga yang menyatakan bahwa tulang belakang melambangkan seorang pria yang menjadi tumpuan banyak orang.
Perawakan yang tinggi tapi masih dalam ukuran yang wajar adalah pertanda kebaikan dan kemuliaan. Sedangkan tinggi badan yang melampaui batas menandakan bahwa kematian orang yang melihat mimpi itu sudah dekat. l\ibuh yang pendek ditafsirkan sebagai umur yang singkat atau kedudukan yang tidak bertahan lama. Dan tubuh yang gemuk dan kuat menandakan kehidupan beragama dan iman yang
kuat. Jika seseorang bermimpi melihat badannya berubah menjadi badan ular, berarti ia akan membeberkan permusuhan yang terjadi di antara dirinya dan orang lain. Jika seseorang bermimpi memiliki akor seperti ekor domba, itu menandakan bahwa ia akan dikaruniai seorang putra yang dilimpahi rezeki dan lahir sesudah kematiannya. Dan jika seseorang bermimpi seolah-olah tubuhnya terbuat dari besi atau batu, itu baerarti ia akan segera wafat. Sedangkan kelebihan yang timbul pada tubuh seseorang asal tidak memperjelek menandakan kelebihan nikmat.
Diriwayatkan bahwa seorang pria miskin yang tidak dikenal datang kepada seorang pentakwil dan berkata, "Aku bermimpi seakan-akan tubuh-ku bertambah dan berlipat ganda sedangkan aku mempunyai cahaya dan ketampanan. Kemudian aku berzuhud dan bertasbih di gunung-gunung dan padang pasir." Kemudian pentakwil tersebut berkata, "Kamu akan menjadi keluarga raja dan mendapatkan kedudukan raja tersebut, lalu kamu akan menjadi orang yang kaya raya dan terhormat." Tidak lama sesudah kejadian tersebut, ia pergi bersama para prajurit dan di dalam peperangan ia mendapatkan kekayaan dan harta rampasan yang banyak.
Bulu badan seorang lelaki ditafsirkan sebagai kandungan isterinya. Apabila seorang yang sedang mengalami penderitaan bermimpi melihat badannya ditumbuhi bulu yang banyak, berarti penderitaannya akan bertambah dan ke-pergian penderitaan itu akan mengakibatkan kejatuhannya. Sebaliknya, bagi orang yang sedang berada di dalam kegembiraan, mimpi ini menandakan bahwa kebahagiaan dan kekayaan-nya akan bertambah. Adapun pertambahan bulu badan bagi orang kaya menandakan pertambahan harta, sedangkan bagi orang miskin mimpi ini menandakan pertambahan hutang. Namun jika seorang yang kaya bermimpi memakai obat penghilang bulu badan, berarti hartanya akan musnah karena dirampok. Dan jika yang melihat mimpi ini seorang fakir, itu menandakan bahwa ia akan melunasi hutang-hutangnya dengan kerja jeras, bersusah payah dan penuntutan hak.