Halaman 95

Bermimpi melihat bahwa air seninya terasa membakar urethranya (saluran kencing) atau menyakitinya berarti ia menyetubuhi istrinya yang sudah ditalak atau mengawini seorang perempuan semuhrim namun ia tidak mengetahui hal tersebut. Bermimpi kencing yang menge-luarkan wewangian berarti melahirkan seorang anak yang sakit-sakitan. Bermimpi kencing yang mengeluarkan air sari buah (juice) berarti ia bersikap boros terhadap hartanya. Bermimpi kencing yang mengeluarkan tanah liat atau lumpur berarti seorang laki-laki yang tidak sempurna melakukan wudhu' dan tidak pula menjaganya. Bermimpi kencing yang mengeluarkan api berarti ia melahirkan anak yang akan menjadi pencuri; jika yang keluar itu binatang buas berarti akan lahir seorang anak yang zalim; bila yang keluar seekor ikan betina, akan lahir anak perempuan dari seorang wanita dari pantai timur; sedangkan jika yang keluar seekor burung, maka akan lahir baginya seorang anak yang sesuai dengan sifat burung tersebut dari kebaikan dan keburukan.
Bermimpi kencing berdiri berarti ia akan membelanjakan harta secara tidak ia ketahui. Kencing dalam celana berarti ia akan melahirkan seorang anak laki-laki, sedangkan bila ia belum punya istri berarti ia akan menikah. Kencing melalui hidung berarti akan melakukan sebuah perkawinan haram, misalnya dengan wanita yang masih semuhrim. Kencing pada tempat yang suci berarti ia akan membelanjakan hartanya pada suatu hal yang tidak terpuji.
Seorang laki-laki datang pada Ibnu Sirin lalu berkata, "Dalam mimpi, aku melihat seorang wanita yang di tengah dadanya terdapat segelas susu, setiap ia berusaha mengangkat susu itu ke mulutnya untuk diminum, ia dihalangi oleh kencingnya yang tidak tertahan, lalu ia pergi." Ibnu Sirin menjawab, "Ia adalah seorang wanita Muslimah yang baik dan selalu taat melakukan sunnah Nabi saw, akan tetapi ia menginginkan laki-laki, maka takutlah kalian kepada Allah dan kawinkanlah wanita itu." Hal itu benar-benar terjadi.
Ayah dari Ardasyir ibn Sasan* adalah seorang pengembala kambing, ia bermimpi kencing dan dari kencing itu keluar uap yang naik memenuhi semua langit, kemudian ia datang pada seorang ahli takwil bernama Babik, ia menjawab, "Aku tidak akan mau mentakwilkan mimpi kamu kecuali bila kamu mau menasabkan nama anak-mu padaku," maka pengembala itu berjanji akan melakukannya. Pentakwil berkata padanya, "Kamu akan mendapatkan seorang anak yang akan memimpin timur dan barat," lalu mimpi itu menjadi kenyataan. Ketika Ardasyir lahir, ia dinasabkan pada Babik si pentakwil sesuai dengan janji ayah-nya. Oleh karena itu, orang-orang menyebutnya dengan Ardasyir ibn Babik, sedangkan ayahnya yang sebenarnya adalah Sasan.
*Bergelar Ardasyir I, wafat tahun 241 M, adalah pendiri kerajaan Sasanid di Persia pada tahun 224 M. Ia menduduki Thaisafun dan menghancurkan kekuasaan Raja Arbathan VI, raja terakhir dari Dinasti Arsyaqi al-Furtsiy. la mewajibkan Zoroaster sebagai agama negara.
Orang yang bermimpi kencing di tengah-tengah keramaian pasar berarti akan menjadi wali pasar, lalu mimpinya ini menjadi kenyataan karena seseorang yang memimpin suatu kaum, maka mereka akan menghinakan diri padanya.
Air wadi (air putih lembut yang keluar setelah kencing karena sekresi kelenjar prostat, ia bukan air mani) melambangkan harta yang tidak kekal disertai oleh penyesalan. Sedangkan air mani melambangkan harta kekal dan berkembang. Apabila mani tersebut mengalir darinya berarti harta akan muncul padanya. Melumuri istri dengan mani berarti memberinya perhiasan atau pakaian. Melihat air mani orang lain padanya berarti harta orang tersebut akan menjadi miliknya. Mendapat seguci mani berarti mendapatkan suatu perbendaharaan harta. Melihat mani seorang wanita melumuri diri seseorang berarti orang itu akan mendapatkan manfaat wanita tersebut atau memanfaatkannya. Keluarnya mani berwarna kuning dari kemaluan seorang wanita berarti ia akan melahirkan seorang anak yang sakit-sakitan; apabila mani itu berwarna merah berarti akan lahir seorang anak yang berumur pendek; sedangkan apabila mani tersebut berwarna hitam (aswad), maka akan terlahir seorang anak laki-laki yang akan memimpin (yasudu) keluarganya. Dan apabila keluar api dari kemaluan seorang wanita berarti akan lahir seorang anak yang mempunyai kekuasaan namun zalim.
Apabila seorang wanita bermimpi bahwa ia melahirkan ikan berarti ia akan melahirkan anak yang berumur panjang, namun sebagian ahli takwil, menyatakan akan lahir anak berumur pendek. Seorang laki-laki yang bermimpi mengalami haid berarti ia menggauli istri dalam keadaan haram, baik dalam ihram haji ataupun muhrimnya. Seorang gadis kecil (belum balig) apabila bermimpi mandi wajib karena haid berarti ia akan bertobat dan mengalami jimak. Sedangkan apabila seorang perempuan tua (masa monopos) melihat darah haid keluar darinya berarti akan lahir seorang anak darinya karena Allah SWT berfirman: