Halaman 88

Dan diriwayatkan bahwa seorang perempuan bermimpi melihat ibu jari kakinya terputus. Kemudian ia menceritakannya kepada Ibnu Sirin dan beliau menjawab, "Kamu menjalin hubungan dengan suatu kaum lalu kamu memutuskannya." Dan jari-jari kaki ditafsirkan sebagai hiasan harta, amal kebajikan dan harta terpenting yang menjadi sandaran hidup dan modal usaha.
Diriwayatkan dari Nabi saw: Kami diberitahu oleh al-Hakam ibn al-Mubarak dari al-Walid dari Jabir dari Muhammad ibn Qais dari sebagian sahabat Nabi saw bahwa Beliau berkata, "Susu menunjukkan fitrah, kapal menunjukkan keselamatan, unta menunjukkan kesedihan, sedangkan hal yang diinginkan (bunga bakung) melambangkan surga, dan wanita melambangkan kebaikan." (HR. ad-Darimi)
Syekh Abu Sa'ad berkata, "Melihat susu pada susu laki-laki atau perempuan melambangkan harta, dan memerah susu melambangkan berharta banyak. Dalam mimpinya, apabila seorang wanita melihat bahwa ia tidak mempunyai susu lalu ia menyusukan seorang bayi laki-laki atau perempuan yang sudah dikenal, maka ini menandakan bahwa pintu-pintu dunia tertutup baginya dan juga bagi mereka. Barang-siapa yang melihat bahwa ia menyusu pada seorang wanita, ini menandakan bahwa ia akan memperoleh harta dan keuntungan. Meminum susu kuda atau kuda pejantan menunjukkan bahwa ia disayangi oleh sultan (penguasa) dan akan menerima kebaikan darinya. Dan melihat susu binatang ternak melambangkan memperoleh harta yang halal dari sultan (penguasa) atau induk semang.
Bermimpi melihat bahwa ia tersiram susu seorang manusia melambangkan kesempitan dan penjara, demikian juga halnya dengan penyusu dan yang menyusu. Dalam hal ini orang yang kenal lebih sempit dan terpenjara daripada orang yang tidak dikenal.
Memerah susu melambangkan makar; memerah susu unta melambangkan bekerja sebagai upahan untuk sebuah tanah; memerah susu unta berpunuk dua (unta Khurasan) melambangkan bekerja pada tanah asing sesuai dengan sunnah dan fitrah; sedangkan, jika ia memerah unta Khurasan itu lalu yang keluar darah, maka ini melambangkan bahwa ia akan berbuat zalim dalam kekuasaannya; dan jika ia memerah lalu yang keluar racun, maka ini berarti bahwa akan mendapat harta haram; jika yang memerahnya seorang pedagang, ia akan mendapatkan rezeki halal dan keuntungan dalam perdagangannya serta dunia akan berpaling padanya sesuai dengan banyaknya susu yang ia dapatkan.
Susu unta perahan melambangkan fitrah (ketaatan) dalam agama; orang yang meminumnya atau meneteknya satu, dua atau tiga hisapan berarti ia tetap dalam keadaan fitrah, shalat, berpuasa, dan membayar zakat; sedangkan bagi orang yang meminumnya berarti harta yang halal, ilmu pengetahuan, dan hikmah. Menurut sebagian ahli takwil, bermimpi memerah susu unta dan meminumnya berarti bahwa ia kawin dengan seorang wanita shaleh; apabila pemimpi tersebut seorang yang baik, ini berarti ia mendapatkan seorang bayi yang akan mendatangkan keberkatan baginya.
Susu sapi menunjukkan kesuburan setahun, harta yang halal, dan melaksanakan amalan fitrah (ketaatan dalam agama). Menurut sebagian ahli takwil, apabila pemilik mimpi itu adalah seorang hamba sahaya, berarti ia akan dimerdekakan, sedangkan apabila ia seorang fakir, berarti ia akan kaya.
Susu kambing atau domba melambangkan harta yang halal apabila ia kambing perahan.
Susu singa melambangkan dapat menang atas musuh untuk si peminumnya, dan menurut se-bagian ahli takwil, berarti ia akan memperoleh harta dari seorang sultan (penguasa) diktator.
Susu anjing melambangkan ketakutan yang luar biasa. Demikian juga halnya dengan susu serigala. Dan dapat juga berarti memperoleh harta dari seorang yang zalim.