Halaman 116

Mimpi tentang garam ada perbedaan pendapat. Ada yang mengartikan warna putihnya berarti sifat zuhud terhadap dunia, kebaikan, dan nikmat. Tetapi pendapat ini di bantah oleh Ibnu Sirin yang mengatakan bahwa garam melambangkan kesusahan, kesibukan, huru hara, penyakit, dan harta yang membawa kesusahan dan keletihan.
Mimpi makan garam dengan roti artinya ia akan mendapatkan sesuatu di dunia dengan mudah. Rasa asin garam melambangkan budak yang cantik. Mimpi membubuhi garam pada makanan akan mendapat kesusahan dan penyakit yang parah.
Melihat daging dalam mimpi menandakan kelaparan, kesulitan dan keadaan darurat seperti kematian. Memakan daging artinya bergunjing, karena orang yang dibicarakan itu diibaratkan dengan binatang. Memberi garam daging domba yang dibawa ke rumah artinya keluarganya akan mendapat kebaikan sesudah mengalami musibah yang besarnya menurut ukuran domba itu. Domba yang dagingnya tebal lebih baik dari yang tipis; jika daging yang diberi garam selain dari daging domba artinya rezeki yang telah dilupakannya. Daging domba kurus diartikan juga dengan seorang laki-laki yang miskin. Ada yang mengartikan dengan kerugian.
Dendeng dari daging rampasan perang dalam persembuyian berarti datangnya kematian. Siapa yang bermimpi makan daging binatang kurus yang diberi garam akan mengalami kerugian harta.
Daging unta yang tidak disentuh oleh orang yang bermimpi menunjukkan ia akan mendapatkan harta dari musuh yang kuat dan besar; jika ia menyentuhnya ia akan mendapatkan harta dari seseorang yang besar dan kuat. Bermimpi memakan daging unta yang dimasak berarti akan memakan harta seseorang lalu menderita suatu penyakit, dan mendapatkan kesembuhan. Makan daging unta dalam mimpi juga berarti akan mendapat suatu manfaat dari penguasa.
Daging sapi menunjukkan kesusahan karena sapi adalah hewan yang lambat dalam mencerna makanannya. Diartikan juga dengan usaha yang sedikit, karena daging sapi adalah daging yang tebal. Daging sapi yang dibakar melambangkan rasa aman dari ketakutan; jika yang bermimpi adalah wanita yang sedang hamil, artinya ia akan segera melahirkan seorang anak. Sebagaimana firman Allah SWT, "... maka tidak lama kemudian Ibrahim menyuguhkan daging anak sapi yang di panggang." (QS. Hud: 69)
Bermimpi seakan-akan terbangun, padahal ia tidur dan melihat makanan yang disentuh api dengan nyata adalah rezeki yang tidak halal. Bermimpi makan daging lembu jantan menandakan akan menghadap hakim. Anak sapi betina yang gemuk artinya akan segera mendapat kabar gembira yang besar, besarnya menurut besar anak sapi itu. Anak sapi yang gemuk juga lambang dari rezeki, kesuburan, dan rasa aman dari ketakutan.
Daging sapi yang dimasak menunjukkan kepada orang yang bermimpi bahwa ia akan mendapat keutamaan, lalu ia menerimanya dengan penuh rasa syukur sebagaimana firman Allah SWT, "... dan piring-piring yang [besarnya] seperti kolam dan periuk yang tetap [berada di atas tungku]. Bekerjalah wahai keluarga Daud untuk bersyukur [kepada Allah SWT]." (QS. Saba': 13)
Daging domba yang dibakar dengan mengupas kulitnya dan terlihat di rumahnya menunjukkan bahwa ia akan berhubungan atau menerima tamu orang yang tidak dikenalnya untuk bekerja sama dan hubungan itu akan mendatangkan manfaat bagi mereka; jika daging domba itu dipotong tipis-tipis, hubungan mereka akan membawa kesengsaraan dan tidak bermanfaat Bermimpi melihat daging domba yang tidak dikuliti berada di rumahnya menunjukkan ia akan mendapat musibah secara tiba-tiba; jika domba itu gemuk ia akan mendapat warisan dari orang yang meninggal; jika dagingnya dipotong tipis-tipis artinya ia tidak akan mendapat warisan. Ada juga yang mengartikan daging domba yang dimasak artinya akan mendapat harta dalam kesusahan seperti halnya api; jika dagingnya mentah artinya akan mendapat kesusahan.