Halaman 67

Apabila seseorang bermimpi seolah-olah hatinya memiliki satu mata atau lebih, itu menandakan keshalehannya dalam beragama sesuai dengan terangnya cahaya yang ia lihat. Jika ia bermimpi melakukan zina dengan matanya, berarti ia sering melihat kaum wanita (zina mata). Adapun mimpi melihat mata yang tertancap paku menandakan bahwa orang yang melihat mimpi ini memandang curiga kepada seorang perempuan yang jujur dan benar. Pandangan mata yang tajam menandakan bahwa orang yang melihatnya adalah orang yang dipuji dan dihormati semua manusia. Adapun pandangan mata yang sayu menandakan bahwa orang itu akan mengalami kefakiran dan banyak bergantung kepada masyarakatnya, karena dalam penafsiran mimpi ini banyak harta tergantung pada tajam tidaknya penglihatan orang tersebut. Dan jika orang yang melihat mimpi ini memliki beberapa anak, berarti mereka akan diserang oleh suatu penyakit, karena anak-anak dalam mimpi disamakan dengan kedua belah mata yang sama-sama dicintai.
Diriwayatkan bahwa al-Hajjaj ibn Yusuf bermimpi seolah-olah kedua matanya jatuh dari pangkuannya. Dan setelah terjaga, datanglah kepadanya kabar tentang kematian saudaranya Muhammad dan anaknya yang juga bernama Muhammad. Dan diriwayatkan juga bahwa sese-orang Yahudi bermimpi melihat mata air di langit. Maka ia menceritakannya kepada seorang brahma atau pendeta dan pendeta itu berkata, "Kamu akan mendapatkan harta kekayaan dari (hasil) kerajinan tangan."
Jika seseorang bermimpi melihat bulu mata, berarti ia selalu menjaga agama dan keimanannya, dimana tafsiran melihat bulu mata lebih kokoh daripada tafsiran mimpi melihat dahi yang juga ditafsirkan demikian. Dan ada yang mengatakan bahwa kelebihan atau kekurangan pada bulu mata akan kembali kepada anak dan harta benda. Barangsiapa bermimpi melihat bulu matanya banyak dan indah, berarti imannya kuat dan terjaga kesuciannya. Apabila seseorang bermimpi duduk di bawah naungan bulu matanya, itu menandakan bahwa ia hidup di bawah naungan ilmu dan agamanya, itu jika ia seorang yang berilmu atau pemeluk agama yang shaleh. Namun jika ia seorang ahli dunia, berarti ia akan mengambil harta manusia lalu pergi menyembunyikan diri.
Jika seseorang bermimpi tidak memiliki bulu mata, itu menandakan bahwa ia telah meninggalkan syariat agama. Sedangkan jika ia bermimpi bulu matanya dicabut oleh orang lain, berarti musuhnya akan menasihatinya dalam hal agama. Dan jika seseorang bermimpi melihat rambut dan bulu matanya memutih, berarti ia akan diserang penyakit pada kepala, mata, telinga, atau geraham. Pelipis yang indah dalam mimpi melambangkan kemakmuran, kesuburan dan kegembiraan atau ketenangan jiwa. Sebaliknya pelipis yang jelek atau cacat menandakan penyakit dan bahaya. Sedangkan dua pipi dilambangkan sebagai pekerjaan orang yang melihat mimpi itu.
Jika seorang bermimpi melihat kelapangan pada pipinya yang melebihi ukuran yang semestinya, berarti ia akan diberi kekuasaan, kehormatan, dan keanggunan. Sedangkan hidung melambangkan ketampanan seorang lelaki. Dan ada juga yang menafsirkan bahwa ia melambangkan sanak famili. Jika seseorang bermimpi tidak memiliki hidung, berarti ia tidak memiliki sanak famili. Adapun dua hidung dalam mimpi, menandakan perselisihan di antara orang yang bermimpi dan keluarganya, karena hidung bukanlah sesuatu yang aneh atau asing.
Apabila di dalam mimpinya seseorang mencium bau yang harum, berarti ia akan mendapatkan kelapangan dan keamanan dari marabahaya. Apabila yang melihat mimpi itu adalah seorang wanita yang sedang hamil, berarti ia akan melahirkan seorang putra yang menyenangkan hati-nya. Dan ada yang menafsirkan bahwa hidung melambangkan anak. Dan ada pula yang menafsirkannya sebagai pangkat dan kemuliaan. Serta ada yang menafsirkannya sebagai ibu bapak. Apa yang masuk ke dalam hidung di dalam mimpi ditafsirkan sebagai obat. Sedangkan apa yang masuk ke dalamnya dari benda-benda yang sangat dibenci menandakan kemarahan yang dipendam-pendam. Barangsiapa bermimpi memiliki belalai, berarti ia memiliki kedudukan yang kuat.