Halaman 8

pulkan kembali] keluarganya dan [Kami tambahkan] sebanyak mereka pula sebagai rahmat dari kami dan pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai pikiran." (QS. Shad: 43)
Barangsiapa bermimpi melihat Nabi Dawud as sesuai dengan keadaannya yang sebenarnya, ia akan mendapatkan kekuasaan, kekuatan dan kedudukan tertinggi dalam pemerintahan. Adapun orang yang bermimpi melihat Nabi Sulaiman as akan diberi kerajaan, ilmu pengetahuan, dan pemahaman yang baik. Tetapi jika seseorang bermimpi melihat Nabi Sulaiman as meninggal di atas mimbar atau tempat tidur, maka orang tersebut akan meninggal sebagai seorang pemimpin atau khalifah atau raja, serta kematiannya tidak akan diketahui kecuali setelah beberapa lama. Namun ada juga yang menafsirkan bahwa orang yang bermimpi melihat Nabi Sulaiman as berarti baik kawan ataupun lawan akan tunduk kepadanya serta ia akan banyak melakukan perjalanan jauh.
Melihat Nabi Zakaria as dalam mimpi menandakan bahwa orang yang bermimpi tersebut akan dikaruniai seorang anak yang shaleh di masa tuanya. Sedangkan mimpi melihat Nabi Yahya as berarti bahwa orang yang bermimpi tersebut akan dituntun untuk mendapatkan kesucian dan ketakwaan sehingga dalam dua hal itu dialah yang terbaik di zamannya.
Jika seseorang bermimpi melihat Nabi 'Isa as berarti ia banyak berguna dan diberkahi serta banyak berbuat baik dan melakukan banyak perjalanan jauh, selanjutnya ia akan dimuliakan dengan kepandaian di bidang kedokteran atau pengobatan dan ilmu-ilmu lainnya. Di Mesir kami diberitahu oleh Abul Qasim Ja'far ibn Muhammad dari Hamzah ibn Muhammad al-Kinani dari Abul Qasim Musa ibn Ja'far ar-Ridha dari bapaknya dari kakeknya bahwa Al hasan ibn 'Ali ra berkata: Aku bermimpi melihat 'Isa ibn Maryam as dalam tidur, lalu aku berujar, "Wahai roh Allah, sesunguhnya aku ingin mengukir se-suatu di atas cincinku, maka apa yang (se-baiknya) aku tulis di atasnya?" Dia menjawab, "Ukirlah di atasnya, 'Tiada Tuhan selain Allah Yang Mahabenar lagi Mahanyata
kebenarannya,' karena itu dapat menghapus kesedihan dan kegalauan." Dan sebagian ahli takwil menafsirkan bahwa perempuan yang bermimpi melihat Nabi 'Isa as (sedang dia dalam keadaan hamil) akan melahirkan seorang putra yang bijaksana. Dan jika seseorang bermimpi melihat Maryam binti 'Imran, maka ia akan mendapatkan pangkat dan kedudukan dari manusia dan memperoleh segala kebutuhannya. Namun jika yang bermimpi melihat Maryam sebagai seorang wanita hamil, maka ia akan melahirkan seorang putra yang bijaksana, dan apabila ia difitnah tentang kehamilannya niscaya ia akan terbebas dari fitnah tersebut, lalu Allah SWT akan mengungkapkan kesuciannya dari dosa zina. Dan jika seseorang bermimpi sujud kepada Maryam berarti ia akan duduk dan berbincang-bincang bersama seorang raja atau pemimpin.
Melihat Nabi Danial yang bijaksana (Daniel al-Hakim) dalam mimpi menandakan bahwa orang yang bermimpi tersebut akan mendapatkan keberuntungan yang banyak dan ilmu tentang mimpi, dan mimpi ini juga menandakan bahwa ia akan mengalahkan penguasa yang zalim setelah mendapatkan penindasan dari penguasa itu. Di-riwayatkan bahwa Abu Abdullah al-Bahili bermimpi seolah-olah ia mengangkat Nabi Danial di atas pundaknya lalu ia meletakkannya di atas sebuah tembok dan menghidupkannya. Kemudian ia berbincang-bincang dengan Nabi Danial as dan Nabi Danial as berkata kepadanya, "Sampaikanlah kabar gembira ini, maka sesungguhnya kamu telah masuk ke dalam kelompok para pewaris nabi-nabi dan kamu telah menjadi imam para penafsir mimpi." Dan jika seseorang bermimpi melihat Nabi Khidir as, itu pertanda ia akan memperoleh harta yang banyak dan kemakmuran setelah kesusahan dan kenyamanan setelah ketakutan.
Sebagian ahli takwil mimpi menyatakan bahwa jika seseorang bermimpi dipukul oleh sebagian nabi as, itu berarti ia akan memperoleh apa yang dia idam-idamkan, baik dalam hal materi maupun agama. Dan jika seseorang bermimpi berubah menjadi salah satu nabi yang