Halaman 7

Jika seseorang bermimpi melihat Nabi Ya'qub as, maka ia akan ditimpa kesedihan besar yang ditimbulkan oleh sebagian anak-anaknya, lalu Allah akan membongkar hal tersebut dan memberikan kepadanya apa yang dicintainya. Jika seseorang bermimpi melihat Nabi Yusuf as, maka ia akan mendapatkan penganiayaan, rintangan, dan perlakuan kasar dari kaum kerabat-nya, serta ia akan dilihat sebagai pembohong, tetapi Allah memberinya kekuasaan sehingga musuh-musuhnya itu tunduk kepadanya. Karena itulah dalam sebuah ungkapan disebutkan bahwa, "Sesungguhnya saudara itu adalah musuh." Dan mimpi ini juga menunjukkan bahwa orang yang bermimpi tersebut banyak mengeluarkan sede-kah. Allah SWT berfirman, "Dan bersedekahlah kepada kami." (QS. Yusuf: 88)
Diriwayatkan bahwa seseorang bermimpi melihat Nabi Yusuf as memberikan salah satu sepatunya kepadanya lalu ia terjaga dan benar-benar menjadi seorang ahli takwil mimpi. Dan Ibnu Sirin bercerita: Dalam tidur aku bermimpi memasuki sebuah mesjid dan ternyata aku berada bersama tiga orang tua dan seorang pemuda tampan yang berada di samping mereka. Lalu aku berkata kepada pemuda tersebut, "Siapakah Anda?" dan dia menjawab, "Saya Yusuf." Kemudian aku bertanya, "Dan para orang tua itu?" Dia pun menjawab, "(Mereka) nenek moyangku Ibrahim, Ishaq, dan Ya'qub." Aku berujar, "Ajarkanlah kepadaku dari apa-apa yang diajarkan Allah kepadamu!" Maka dia membuka mulutnya seraya berkata, "Pikirkanlah, apa yang engkau lihat!" Dan aku menjawab, "Saya melihat lidahmu." Kemudian dia kembali membuka lidahnya dan berkata, "Pikirkanlah, apa yang engkau lihat?" Aku menjawab, "Saya melihat anak lidahmu (uvula)." Maka dia kembali membuka lidahnya seraya berkata, "Pikirkanlah apa yang engkau lihat," Aku menjawab, "Saya melihat hatimu." Lalu dia berujar, "Tafsirkanlah (mimpi) dan jangan takut, karena kamu tidak menafsirkan satu mimpi apa pun kecuali aku akan melihatnya dari telapak tanganku."
Melihat Nabi Yunus as dalam mimpi menandakan bahwa orang yang bermimpi tersebut tergesa-gesa dalam suatu urusan, sehingga itu mengakibatkan ia ditahan dan mangalami kesulitan, tetapi kemudian Allah SWT akan menolongnya. Mimpi ini menandakan bahwa orang tersebut memiliki sifat mudah marah dan puas sedang ia memiliki hubungan kerabat dengan sebuah kaum yang berkhianat.
Siapa yang mimpi melihat Nabi Syu'aib dalam keadaan menggigil, maka penglihatannya akan lenyap. Sedangkan jika melihat Nabi Syu'aib tidak dalam keadaan demikian, maka haknya akan dianiaya dan dirinya akan dizalimi oleh suatu kaum, tetapi kemudian ia dapat menundukkan kaum tersebut. Walaupun demikian, kadang-kadang mimpi ini juga menandakan bahwa orang tersebut akan memiliki beberapa anak perempuan.
Jika seseorang bermimpi melihat Nabi Musa dan Nabi Harun as atau salah satu dari keduanya berarti ia akan menaklukkan seorang penguasa zalim. Adapun jika orang yang bermimpi itu hendak pergi berperang, maka ia akan diberi kemenangan. Diriwayatkan bahwa seorang budak perempuan milik Sa'id ibn al-Musayyab bermimpi melihat Nabi Musa as muncul di Kota Syam sedang di tangannya terdapat sebuah tongkat dan ketika itu ia berjalan di atas air. Maka hamba sahaya itu memberitahukan mimpinya kepada Abu Sa'id dan ia menjawab, "Jika mimpimu itu benar, maka sesungguhnya Abdul Malik ibn Marwan telah mati." Maka hamba sahaya itu bertanya, "Dari mana engkau mengetahuinya?" Dia menjawab, "Karena Allah SWT mengutus Musa untuk menghancurkan para penguasa yang zalim atau tiran, sedang di sana saya tidak menemukan siapa pun selain Abdul Malik ibn Marawan." Kemudian apa yang dikatakannya itu benar-benar terjadi.
Jika seseorang bermimpi melihat Nabi Ayyub as, maka dirinya akan diuji dengan suatu musibah begitu juga harta, keluarga dan anak-anaknya, tetapi setelah itu Allah mengganti semuanya serta melipat gandakannya. Allah SWT berfirman, "Dan Kami anugerahi dia [dengan mengum-