Halaman 4

Jika seseorang bermimpi melihat Allah berbicara kepadanya dari belakang hijab (tirai atau dinding pembatas) berarti dia telah menjalankan agamanya dengan baik dan menunaikan amanat atau jabatan yang dia pimpin, jika kebetulan dia sedang memangkunya. Sedangkan jika ia bermimpi melihat Allah berbicara kepadanya tanpa melalui perantaraan hijab, itu adalah pertanda bahwa ia memiliki kesalahan dalam menjalankan agamanya, karena Allah berfirman, "Dan tidak ada bagi seorang manusia pun bahwa Allah berkata-kata dengan dia kecuali dengan perantaraan wahyu atau di belakang tabir atau dengan mengutus seorang utusan [malaikat] lalu diwahyukan kepadanya dengan seizin-Nya apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Mahatinggi lagi Mahabijaksana. (QS. asy-Syura: 51)
Jika seseorang bermimpi melihat dengan hatinya bahwa Allah itu Mahabesar lalu Allah mendekatkan orang itu kepada-Nya, memuliakan dan mengampuninya, atau menghitung amalnya dan memberikan kabar gembira kepadanya tetapi ia tidak melihat dengan jelas bagaimana ciri-ciri khusus-Nya berarti dia akan bertemu dengan Allah SWT di hari kiamat nanti. Demikian pula jika dalam mimpinya Allah menjanjikan ampunan baginya, maka janji itu adalah benar karena sekali-kali Allah tidak akan mengingkari janji-Nya. Walaupun demikian, dalam kehidupannya orang tersebut akan banyak ditimpa cobaan. Adapun mimpi dinasihati oleh Allah menandakan bahwa orang yang bermimpi tersebut telah berhenti dari pekerjaan yang tidak diridhai-Nya. Allah berfirman, "Dia memberi pelajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran." (QS. an-Nahl: 90)
Jika seseorang bermimpi diberi pakaian oleh Allah SWT, maka ia akan ditimpa kesedihan dan penyakit dalam hidupnya, tetapi meskipun demikian ia tetap banyak bersyukur.
Diriwayatkan bahwa seseorang bermimpi dalam tidurnya melihat Allah memberinya dua potong pakaian lalu ia memakai keduanya pada tempatnya. Kemudian orang itu bertanya kepada Ibnu Sirin dan ia menjawab, "Bersiaplah untuk menghadapi suatu musibah!" Dan tidak lama kemudian orang tersebut ditimpa penyakit kusta sehingga meninggal dunia.
Jika seseorang bermimpi melihat cahaya yang membingungkan dan tidak bisa digambarkan, itu pertanda bahwa apa yang ia miliki tidak memberikan manfaat kepada dirinya sendin. Sedangkan mimpi diberi nama oleh Allah dengan nama yang sebenarnya atau nama lain yang sesuai dengan keadaannya menandakan bahwa keadaan orang yang melihat mimpi tersebut akan meningkat dan ia akan mengalah-kan musuh-musuhnya. Dan jika dalam mimpinya seseorang diberi sesuatu dari materi duniawi oleh Allah SWT, maka itu adalah cobaan yang merupakan rahmat Tuhan.
Jika seseorang bermimpi melihat Allah murka kepadanya berarti kedua ibu bapaknya sedang marah kepadanya, dan jika ia bermimpi melihat orang tuanya marah kepadanya berarti Allah sedang marah kepadanya, sebagaimana firman-Nya,".... Bersyukurlah kepada ibu bapak-mu, hanya kepada-Kulah kembalimu." (QS. Luqman: 14)
Diriwayatkan juga pada sebuah Hadits bahwa Rasulullah saw bersabda, "Ridha Allah SWT terletak pada ridha kedua orang tua dan murka Allah terletak pada murka kedua orang tua." (Hadits)
Sebagian ahli takwil menafsirkan bahwa orang yang bermimpi melihat Allah SWT murka kepadanya akan jatuh dari tempat yang tinggi, karena Allah berfirman, "Maka barangsiapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku, maka sesungguhnya jatuhlah ia." (QS. Tha Ha: 81) Demikian juga jika dia bermimpi seolah-olah jatuh dari dinding, langit, atau gunung, itu juga menandakan ke-marahan Allah atas dirinya.
Mimpi berada di hadapan Allah pada suatu tempat yang diketahui, menandakan bahwa di tempat tersebut akan tersebar keadilan dan kemakmuran, serta orang-orang zalim yang berada di sana akan hancur sedangkan mereka yang selama ini dizalimi akan menang. Adapun mimpi melihat 'Arasy (singgasana) Allah SWT