Halaman 23

Adapun jika ada seorang laki-laki yang sedang meminang anak perempuan-dari seorang bapak, lalu ia bermimpi seolah-olah mengucapkan salam kepada laki-laki itu, lalu orang itu menjawab salamnya berarti dia akan menikah dengan anaknya. Sedangkan jika orang tersebut tidak menjawab salamnya, itu pertanda bahwa dia tidak jadi mengawini anaknya itu. Demikian juga apabila di antara seseorang dan seorang lainnya terdapat hubungan dagang, lalu dia bermimpi seolah-olah mengucapkan salam kepada orang tersebut dan dia menjawabnya, maka perdagangannya itu akan berjalan lurus dan lancar. Sedangkan jika orang itu tidak menjawab salamnya, maka jual beli di antara mereka tidak akan berjalan lurus.
Abu Sa'ad ra mengatakan bahwa khitan sebagai awal dari segala thaharah yang utama, dan itu adalah bagian dari amalan fitrah. Maka barangsiapa bermimpi seolah-olah dia melakukan khitan berarti dia telah melakukan perbuatan baik, lalu dengan perbuatan itu Allah akan membersihkan dosa-dosanya. Mimpi ini juga menandakan bahwa si pemilik mimpi telah menjalankan perintah Allah dengan baik, tetapi kalaupun ditafsirkan bahwa dia akan terlepas dari segala kesedihan, tidak juga. Sebaliknya jika seseorang bermimpi bahwa dia tidak berkhitan, itu menandakan hartanya akan dilebihkan tetapi dia lemah dalam beragama. Mimpi ini menunjukkan bahwa orang tersebut telah meninggalkan agama untuk mencari kehidupan duniawi.
Barangsiapa bermimpi melakukan khitan kemudian mengalir darinya darah yang banyak, itu pertanda bahwa orang itu akan keluar dari dosa-dosa yang dia lakukan dan bersedia untuk menegakkan Sunnah Rasulullah saw.
Siwak (menggosok gigi) menurut Ahlu-sunnah juga termasuk ke dalam amalan fitrah. Apabila seseorang bermimpi menggosok gigi, itu menandakan bahwa dia memperlakukan kerabatnya dengan baik dan senantiasa menyambung tali silaturrahmi. Sedangkan mimpi menggosok gigi dengan sesuatu yang najis menandakan menafkahkan atau menginfakkan harta yang haram dalam ketaatan. Adapun jika seseorang bermimpi berwudhu untuk menunaikan shalat, maka ia akan selalu berada di bawah lindungan Allah SWT.
Adapun mimpi mengalami jonub menandakan perjalanan jauh demi suatu hajat atau kebutuhan yang tiada duanya. Sedangkan jika seseorang bermimpi melakukan mandi besar, itu menandakan bahwa ia akan segera mememihi kebutuhannya. Mandi dalam mimpi melambangkan pembersihan dosa-dosa dan pengnapusan kesedihan.
Mimpi mandi lalu mengenakan pakaian yang baru menandakan kembalinya jabatan yang dahulu dipegang; kekayaan bagi orang yang jatuh miskin; kebebasan bagi seorang tahanan, dan; kesembuhan bagi orang yang sedang sakit. Sedangkan jika yang melihat mimpi tersebut seorang saudagar yang sedang sepi pelanggan atau pengusaha yang mengalami kesusahan dalam memproduksi hasil industrinya, maka mimpi ini menandakan bahwa keadaannya akan kembali stabil dan usahanya akan direnovasi dan dimodernisasi. Adapun jika yang memimpikan mimpi tersebut sedang dalam kegembiraan, maka ia akan dianugerahi ibadah haji. Dan jika ia sedang bersedih, maka Allah SWT akan menghapus kesedihannya itu. Serta jika orang tersebut sedang berhutang, maka Allah akan membantunya dalam melunasi hutang itu. Sebabnya ialah karena ketika Nabi Ayyub as selesai mandi dan mengenakan pakaian baru, Allah memberikan untuknya ke-luarganya di tambah dengan orang lain yang sama seperti mereka dan dihapuskan segala ke-dukaannya serta dikembalikan kesehatannya.
Sedangkan jika seseorang bermimpi mengenakan pakaian yang lusuh setelah mandi berarti kesedihannya akan hilang, tetapi dia tetap dalam kemiskinan. Adapun jika seseorang bermimpi tidak menyelesaikan mandinya berarti pekerjaannya tidak akan tuntas dan dia tidak akan mencapai apa yang diidam-idamkannya. Dan jika seseorang bermimpi mandi atau berwudhu di air yang mengalir, itu menunjukkan bahwa ia bersenang-senang dengan harta yang dicuri untuk dirinya.