Halaman 16

Kami diberitahu oleh Abu Sa'id Abdullah ibn Muhammad ibn Abdul Wahhab ar-Razi dari Muhammad ibn Ayyub ar-Razi dari Hisyam dari Qatadah dari al-Hasan bahwa seorang lelaki telah meninggal dunia, kemudian saudara laki-lakinya bermimpi melihatnya dalam tidur. Maka ia bertanya, "Wahai saudaraku, amalan apakah yang kamu temukan lebih afdhal?" Saudara-nya itu menjawab, "Membaca Al-Qur'an." Lalu dia bertanya lagi, "Ayat Al-Qur'an manakah yang lebih afdhal?" Dan saudaranya itu menjawab, "Ayat Kursi." Lalu ia berkata, "Apakah ayat ini yang diharapkan oleh manusia?" Saudaranya berkata, "Benar, sesungguhnya kamu sekalian mengerjakannya tetapi tidak mcngetahuinya, sedangkan kami mengetahuinya tetapi tidak mengerjakannya."
Jika seseorang bermimpi membaca surah al-Fatihah, maka terbukalah pintu kebaikan baginya dan tertutuplah pintu kejahatan darinya. Sedangkan mimpi membaca surah al-Baqarah menandakan umur yang panjang dan kehidupan beragama yang baik. Jika seseorang bermimpi membaca surah Ali 'Imran, maka jiwa dan pikirannya akan disucikan dan dia akan menjadi penentang golongan kejahatan. Adapun mimpi membaca surah an-Nisa' menandakan bahwa orang yang bermimpi tersebut akan ahli dalam membagi harta warisan, dan itu juga menandakan bahwa ia memiliki beberapa isteri dan budak perempuan yang dari mereka ia akan mendapatkan warisan yang banyak. Namun setelah beberapa lama hartanya itu juga akan diwarisi oleh orang lain. Mimpi membaca surah al-Ma'idah menandakan peningkatan keadaan, keyakinan, dan ketakwaan. Jika seseorang bermimpi membaca surah al-An'am berarti nikmat yang dia rasakan akan ditambah oleh Allah begitu juga hewan ternak dan tunggangannya, serta ia akan dianugerahi sifat dermawan. Sedangkan mimpi membaca surah al-Anfal menandakan kernenangan atas para musuh dan rezeki dari harta rampasan perang yang berlimpah ruah. Barangsiapa bermimpi membaca surah at-Taubah, maka ia akan hidup terhormai dan mati dalam keadaan bertobat.
Selanjutnya, membaca surah Yunus dalam mimpi menandakan bahwa ibadah orang yang bermimpi tersebut sudah membaik dan tidak akan membahayakannya tipu daya maupun sihir. Siapa yang bermimpi membaca surah Hud dalam tidurnya, itu pertanda bahwa ia akan diberi rezeki dari hasil pertanian serta dikaruniai keturunan.
Adapun mimpi membaca surah Yusuf menandakan bahwa orang yang bermimpi tersebut akan dianiaya, tetapi kemudian ia akan menjadi pemimpin. Di samping itu orang yang bermimpi membaca surah tersebut akan merasakan sukarnya perjalanan jauh yang ia bermukim dalamnya. Jika seseorang bermimpi membaca surah ar-Ra'ad, maka ia akan menjadi pelindung gerakan dakwah Islamiyah dan ia akan cepat beruban. Dan barang-siapa bermimpi membaca surah Ibrahim, maka keadaannya akan membaik, begitu juga kehidupan beragamanya akan bertambah baik di sisi Allah SWT.
Jika seseorang bermimpi membaca surah al-Hijr, maka ia akan dimuliakan, baik di sisi Allah maupun manusia. Mimpi membaca surah an-Nahl menandakan bahwa orang yang bermimpi tersebut akan diberi ilmu pengetahuan dan kesembuhan apabila ia sedang sakit. Jika seseorang bermimpi membaca surah Bani Isra'il, maka itu menandakan bahwa orang yang melihat mimpi tersebut adalah orang yang terkemuka di sisi Allah dan itu juga menandakan bahwa ia akan mengalahkan musuh-musuhnya. Sedangkan mimpi membaca surah al-Kahfi menandakan bahwa orang yang bermimpi tersebut akan mendapatkan apa yang diidam-idamkannya serta ia akan diberi umur yang panjang sampai ia bosan hidup dan merindukan kematian. Barangsiapa bermimpi membaca surah Maryam, itu menandakan bahwa ia menghidupkan ajaran para nabi as lalu difitnah, tetapi pada akhirnya ketidakbersalahannya akan tampak juga. Adapun mimpi membaca surah Thaha menandakan bahwa orang yang bermimpi tersebut tidak akan dibahayakan karena sihir para penyihir. Dan jika seseorang bermimpi membaca surah al-Anbiya', maka ia akan mendapatkan kemudahan setelah kesulitan, serta ia akan dianugerahi ilmu pengetahuan dan kekhusyu'an dalam beribadah.