Halaman 17

Selanjutnya, barangsiapa bermimpi membaca surah al-Hajj, insya Allah, ia akan diberi rezeki dengan ibadah haji berkali-kali. Adapun mimpi membaca surah al-Mu'minun menandakan bahwa iman orang tersebut akan dikuatkan dan hidupnya akan diakhiri dalam keadaan beriman. Jika seseorang bermimpi membaca surah an-Nur, maka hatinya akan diterangi dengan cahaya Allah demikian pula dengan kuburnya. Dan jika seseorang bermimpi membaca surah al-Furqan, maka ia akan menjadi pembeda antara hak dan bathil. Adapun orang yang bermimpi membaca surah as-Syu'ara' akan di-lindungi oleh Allah dari segala perbuatan yang keji. Jika seseorang bermimpi membaca surah an-Naml berarti ia akan diberi kedudukan se-bagai raja atau pemimpin. Dan membaca surah al-Qashash dalam mimpi menandakan bahwa orang yang bermimpi tersebut akan menemukan harta terpendam yang halal. Barangsiapa bermimpi membaca surah al-'Ankabut, maka ia akan selalu berada di bawah penjagaan dan lindungan Allah SWT sampai ia meninggal dunia. Sedangkan orang yang bermimpi membaca surah ar-Rum akan takluk di tangannya kota-kota kaum musyrik dan lewat dirinya suatu kaum akan mendapatkan hidayah Islam.
Kemudian, jika seseorang bermimpi membaca surah Luqman, maka ia akan diberi hikmah. Sedangkan seseorang yang bermimpi membaca surah as-Sajadah akan meninggal dunia di atas sajadah dan ia akan termasuk ke dalam golongan orang-orang yang menang di sisi Allah SWT. Apabila seseorang bermimpi membaca surah al-Ahzab, maka ia akan masuk ke dalam golongan orang-orang yang bertakwa dan senantiasa mengikuti kebenaran. Adapun mimpi membaca surah Saba' ditafsirkan bahwa orang yang bermimpi tersebut akan berzuhud di dunia dan lebih memilih untuk menyendiri. Membaca surah Fathir menandakan terbukanya pintu nikmat. Jika seseorang bermimpi membaca surah Yasin, maka ia akan dianugerahi rasa cinta kasih kepada keluarga Rasulullah saw.
Barangsiapa bermimpi membaca surah ash-Shaffat berarti orang tersebut akan dikaruniai seorang putra yang beriman kepada Allah dan berbakti kepada kedua orang tuanya. Jika seseorang bermimpi membaca surah Shad, maka ia akan memperoleh harta yang banyak dan kemahiran dalam kerajinan atau industri. Sedangkan mimpi membaca surah az-Zumar menandakan kehidupan beragamanya yang murni dan balasan yang baik. Barangsiapa bermimpi membaca surah al-Mukmin berarti ia akan diberi kedudukan yang tinggi di dunia dan di akhirat, serta lewat tangannya akan berlangsung banyak kebaikan. Siapa bermimpi membaca surah as-Sajadah, itu menandakan bahwa ia akan menjadi seorang da'i yang meyeru manusia kepada kebenaran dan akan bertambah banyak orang yang mencintainya. Adapun mimpi membaca surah asy-Syura menandakan bahwa orang yang bermimpi tersebut diberi umur yang panjang. Dan mimpi membaca surah az-Zukhruf berarti bahwa orang yang bermimpi adalah seorang yang jujur.
Jika seseorang bermimpi membaca surah ad-Dukhan, maka ia akan diberi rezeki harta kekayaan. Siapa yang bermimpi membaca surah al-Jatsiyah, maka itu menandakan bahwa dia selalu khusyu' kepada Tuhannya selama dia hidup. Jika seseorang bermimpi membaca surah al-Ahqaf, maka ia akan melihat beberapa ke-ajaiban di dunia ini. Dan siapa bermimpi membaca surah Muhammad berarti bahwa ia berperilaku baik selama hidupnya. Adapun mimpi membaca surah al-Fath menandakan bahwa orang yang bermimpi akan turut serta berjihad. Dan membaca surah al-Hujurat dalam mimpi menandakan bahwa orang yang bermimpi senantiasa menyambung tali silaturrahminya. Dan siapa bermimpi membaca surah Qaf, maka rezekinya akan diluaskan oleh Allah SWT. Adapun orang yang bermimpi membaca surah adz-Dzariyat akan mendapatkan rezeki dari hasil sawah dan ladang. Sedangkan jika seseorang bermimpi membaca surah Thur berarti ia akan beri'tikaf di Mekah. Jika seseorang bermimpi membaca surah an-Najm, maka ia akan dikaruniai seorang putra yang tampan dan berkedudukan tinggi. Dan jika seseorang bermimpi membaca surah al-Qamar, itu pertanda bahwa ia akan disihir dan diguna-guna tetapi semua isu tidak membahayakan baginya.