Halaman 14

Barangsiapa bermimpi melihat para malaikat ruku' atau sujud kepadanya, maka orang tersebut akan mendapatkan apa yang dia idam-idamkan, serta reputasi dan keadaannya akan meningkat. Sedangkan jika orang itu bermimpi bergulat dengan malaikat, maka ia akan di-timpa kedukaan dan kehinaan sesudah berkuasa. Jika seseorang yang sedang sakit bermimpi berkelahi dengan malaikat berarti ajalnya sudah dekat. Adapun mimpi melihat para malaikat jatuh dari langit sesuai dengan keadaan mereka menandakan bahwa golongan kebenaran akan berkuasa dan kuat, sedangkan golongan kejahatan akan tunduk dan terhina, serta para mujahid akan menang.
Mimpi melihat malaikat dalam bentuk wanita menandakan bahwa orang yang melihat mimpi tersebut telah mendustakan Allah SWT. Allah berfirman, "Maka apakah patut kamu memilihkan anak-anak laki-laki sedang Dia sendiri mengambil anak-anak perempuan di antarapara malaikat? Sesungguhnya kamu benar-banar mengucapkan kata-kata yang besar [dosanya]." (QS. al-Isra': 40)
Adapun mimpi terbang bersama malaikat atau naik dengan mereka ke langit dan tidak kembali lagi, menandakan hidup mulia dan mati syahid. Dan jika seseorang bermimpi menatap para malaikat, maka ia akan ditimpa musibah. Allah SWT berfirman, "Pada hari mereka melihat malaikat di hari itu tidak ada kabar gembira bagi orang-orang yang berdosa." (QS. al-Furqan: 22) Jika seseorang bermimpi dilaknat oleh para malaikat, maka mimpi tersebut menandakan kehidupan beragamanya yang lemah. Dan mimpi melihat para malaikat sedang membuat gaduh di suatu rumah menandakan bahwa rumah tersebut akan roboh atau hancur. Jika seseorang bermimpi melihat malaikat di suatu kampung, negeri atau kota, maka itu menandakan bahwa ia akan meninggal di kampung tersebut sebagai seorang ulama atau seorang yang zuhud, atau di sana akan terbunuh seorang lelaki yang teraniaya, atau rumah-rumah yang ada di sana akan roboh dan menimpa para penduduknya. Mimpi melihat para malaikat yang sedang melakukan pekerjaan tangan atau industri menunjukkan peningkatan hasil produksi. Sedangkan apabila malaikat berkata kepada seseorang dalam mimpinya, "Bacalah Kitab Allah SWT!" Maka orang tersebut akan mendapatkan kemuliaan jika ia dari golongan orang-orang yang berbuat baik, tetapi jika tidak, maka hendaklah ia berhati-hati. Allah SWT berfirman, ''Bacalah Kitabmu, cukup-lah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadapmu." (QS. al-Isra': 14)
Jika seseorang bermimpi melihat para malaikat menunggang kuda pada suatu daerah, itu berarti para penguasa zalim yang berada di daerah tersebut akan hancur. Jika seseorang bermimpi melihat sekelompok burung terbang tetapi matanya tidak kelihatan, maka itu adalah para malaikat dan matanya yang tertutup itu menandakan bahwa orang-orang zalim yang berada di daerah itu akan dituntut balas atas kezaliman mereka, sedangkan mereka yang di-zalimi akan memperoleh kemenangan. Dan jika seseorang bermimpi melihat malaikat yang dimuliakan di sisi Allah sedang bekerja mencatat amal perbuatan, maka orang tersebut akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat, serta ia akan dianugerahi akhir kehidupan yang baik, ini jika ia dari golongan orang-orang shaleh. Jika tidak, maka hendaklah ia takut dan khawatir terhadap dirinya sendiri. Allah SWT berfirman, "Yang mulia [di sisi Allah] dan yang mencatat [pekerjaan-pekerjaan itu], mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. al-Infithar: 11-12)
Para ulama menyatakan bahwa mimpi melihat malaikat dalam bentuk orang tua adalah pertanda masa lalu, sedangkan mimpi melihat malaikat dalam bentuk anak muda adalah pertanda masa depan. Dan menjadi malaikat menandakan kemudahan bagi orang yang sedang susah, kemerdekaan bagi seorang budak, kepemimpinan bagi orang yang terhormat, dan kematian bagi orang yang sakit.