Halaman 13

Adapun jika seseorang bermimpi memusuhi Malaikat Jibril dan Mika'il as atau berbantahan dengan keduanya, maka ia akan mendapatkan kesulitan atau siksaan Allah dari waktu ke waktu. Dan mimpinya ini sama dengan mimpi kaum Yahudi- na 'udzu billahi min dzalik. Jika seseorang bermimpi mengambil makanan dari Malaikat Jibril as, itu pertanda insya Allah ia akan menjadi penghuni surga. Sedangkan jika seseorang melihat malaikat yang sedang bersedih dan berkeluh kesah, maka ia akan mendapatkan penderitaan dan hukuman, karena ia adalah malaikat pemberi hukuman. Jika orang yang bermimpi melihat malaikat Mika'il as adalah seorang yang bertakwa, maka ia akan memperoleh apa yang diidam-idamkannya di dunia maupun akhirat nanti. Namun, jika dia bukan dari golongan orang-orang yang bertakwa, maka hendaklah ia berhati-hati terhadap dirinya sendiri. Jika seseorang bermimpi melihat malaikat di suatu negeri atau kota, maka di sana akan turun hujan sepanjang tahun dan harga-harga barang akan murah. Dan apabila malaikat tersebut bebicara kepadanya, maka ia akan memperoleh nikmat dan kebahagiaan, karena ia adalah malaikat Rahmat.
Jika seseorang bermimpi melihat Malaikat Israfil as dalam keadaan bersedih sambil meniup terompet dan dia menyangka bahwa hanya dialah yang mendengarnya tanpa ada orang lain berarti ia akan meninggal dunia. Sedangkan jika dia mengira bahwa penduduk di daerah tersebut ikut mendengarnya berarti di sana akan terjadi kematian yang mendadak. Namun sebagian ahli takwil menafsirkan bahwa mimpi tersebut menandakan bahwa keadilan akan mengalahkan dan menghancurkan kezaliman yang terdapat di daerah tersebut.
Jika seseorang bermimpi melihat Malaikat Maut as dalam keadaan bergembira, maka ia akan mati syahid. Sedangkan jika dia bermimpi melihat Malaikat Maut marah dan bermuka cemberut berarti dia akan mati dalam keadaan tidak bertobat. Apabila seseorang bermimpi bergulat dengan Malaikat Maut lalu malaikat itu membantingnya, maka itu adalah pertanda bahwa sebentar lagi ia akan meninggal dunia, tetapi jika Malaikat Maut tidak membantingnya, maka ia akan terhindar dari kematian dan Allah akan menolongnya. Sebagian ahli takwil menyatakan bahwa orang yang bermimpi melihat Malaikat Maut akan berumur panjang. Diriwayatkan bahwa Hamzah az-Zayyat berkata: Dalam tidurku aku bermimpi melihat Malaikat Maut, maka aku berujar kepadanya, "Wahai Malaikat Maut, aku meminta kepadamu dengan nama Allah, apakah aku akan mendapatkan kebaikan dari Allah?" Lalu dia menjawab, "Ya, dan tandanya adalah kamu akan mati dengan mudah-tidak merasakan kesakitan." Kemudian orang itu pun meninggal dengan tenang.
Jika seseorang bermimpi melihat salah satu malaikat memberikan kabar gembira kepadanya dengan lahirnya seorang putra, maka ia akan dikaruniai seorang putra yang cerdas, di-ridhai, disenangi, dan terkemuka. Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu [dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan] dengan kalimat [yang datang] dari-pada-Nya." (QS. Ali 'Imran: 45) Dan Allah juga berfirman, "Ia [Jibril] berkata, 'Sesungguhnya aku ini hanyalah utusan Tuhanmu, untuk memberi seorang anak laki-laki yang suci." (QS. Mary am: 19)
Apabila seseorang bermimpi melihat para malaikat yang di tangan mereka terdapat piring-piring yang berisi buah-buahan, itu pertanda ia akan mati syahid. Sedangkan mimpi melihat malaikat masuk ke dalam rumah, menandakan bahwa rumah tersebut akan dimasuki pencuri. Jika dalam mimpinya seseorang melihat malaikat mengambil pedang darinya, maka itu berarti kekuatan dan kesenangannya akan hilang, bahkan mungkin saja isterinya akan meninggalkannya. Adapun mimpi melihat malaikat di suatu tempat dengan perasaan takut menandakan bahwa di sana akan timbul kerusuhan dan peperangan. Sedangkan jika seseorang bermimpi melihat malaikat di medan perang berarti ia akan mengalahkan musuh-musuhnya.