Halaman 27

Selanjutnya shalat dibagi menjadi tiga macam, yaitu shalat wajib, shalat sunnah, dan shalat tathawwu.' Adapun mimpi melakukan shalat fardhu menandakan bahwa si pemilik mimpi akan mendapatkan seperti apa yang disebutkan di atas dan ia akan diberi rezeki naik haji serta dijauhkan dari segala perbuatan yang keji dan mungkar. Allah SWT berfirman, ".... Sesungguhnya shalat itu mencegah dari [perbuatan-perbuatan] keji dan munkar .... (QS. al-'Ankabut: 45)
Sedangkan mimpi melakukan shalat sunnah menandakan kesucian dan kesabaran atas apa yang tidak disukai, serta orang yang bermimpi tersebut akan mendapatkan seorang figur yang baik. Allah berfirman, "Sesungguhnya telah ada pada [diri] Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu." (QS. al-Ahzab: 21)
Kemudian mimpi melakukan shalat sunnah menandakan bahwa si pemilik mimpi senantiasa sayang dan berbelas kasihan kepada makhluk Allah SWT dan menghormati keluarganya dan orang-orang yang berada di bawah tangannya, dimana ia akan berbuat baik dalam hal pemberian makanan dan pakaian kepada mereka melebihi apa yang diwajibkan baginya. Ditambah lagi, orang yang melihat mimpi ini akan berusaha membantu urusan sahabat-sahabatnya, dan itu akan menambah kemuliaan dan kekuasaanya. Adapun mimpi melakukan shalat tathawwu' menandakan terhapusnya kesedihan dan kesempurnaan dalam hal keberanian dan keperkasaan.
Jika seseorang bermimpi mengerjakan shalat Zhuhur di siang hari yang cerah berarti ia akan menjadi penengah dalam suatu perkara, dan itu akan menambah kemuliaan dan kekuasaannya sesuai dengan kadar cerahnya hari itu. Sedangkan jika seseorang bermimpi mengerjakan shalat Zhuhur di siang hari yang mendung, maka ia akan diliputi kesedihan. Dan apabila seseorang bermimpi mengerjakan shalat Ashar, maka itu adalah pertanda bahwa ia tidak menyisakan pekerjaannya kecuali sedikit saja. Adapun mimpi melakukan shalat Zhuhur pada waktu Ashar menandakan pelunasan hutang. Barangsiapa bermimpi melakukan shalat Zhuhur atau shalat 'Ashar, lalu dia terhenti di tengah-tengah shalatnya, maka orang tersebut hanya menjalankan setengah dari ajaran agamanya atau membayarkan setengah dari maharnya. Allah SWT berfirman, "..., maka bayarkanlah seperdua dari mahar yang telah kamu lentukan itu ...." (QS. al-Baqarah: 237)
Apabila seseorang bermimpi menunaikan shalat Maghrib berarti ia akan menunaikan apa yang seharusnya dia lakukan dari urusan keluarganya. Sedangkan mimpi melakukan shalat 'Isya menandakan bahwa orang yang bermimpi tersebut akan memperlakukan keluarganya dengan apa yang menyenangkan dan menenteramkan had mereka. Dan barangsiapa bermimpi melakukan shalat Subuh, maka ia akan memulai suatu pekerjaan yang akan memperbaiki kehidupannya dan keluarganya.
Adapun mimpi melakukan shalat Zhuhur, 'Ashar atau 'Isya sebanyak dua rakaat menandakan perjalanan jauh. Sedangkan jika yang bermimpi tersebut seorang wanita berarti ia akan mengalami menstruasi pada hari itu. Mimpi melakukan shalat dengan duduk tanpa suatu halangan apa pun menandakan bahwa amal orang yang melihat mimpi tersebut tidak diterima. Jika seseorang bermimpi melakukan shalat dalam keadaan junub berarti ia akan menderita suatu penyakit. Sedangkan mimpi menunaikan shalat di atas kendaraan menandakan bahwa si pemilik mimpi akan mengalami suatu hal yang sangat menakutkan. Jika seseorang bermimpi melakukan shalat di atas kendaraan bersama sekelompok manusia, sedang mereka juga berada di atas kendaraan masing-masing, maka itu menandakan bahwa ia sedang dalam peperangan dan akan diberi kemenangan. Adapun jika seseorang bermimpi melaksanakan shalat di sebuah taman berarti ia akan memohon ampun kepada Allah atas kesalahan yang dilakukannya. Mimpi melakukan shalat pada areal pertanian menandakan bahwa Allah akan menuntaskan hutang orang yang melihat mimpi tersebut dari hasil tanah pertanian itu. Sedangkan mimpi melaksanakan shalat di tempat pemotongan merpati menandakan kesalahan yang diperbuat, namun sebagian ahli takwil menafsirkan bahwa mimpi ini menandakan perbuatan liwath atau homoseksual dengan seorang pemuda.