Halaman 19

Apabila seseorang bermimpi membaca surah al-Infithar, itu adalah pertanda bahwa para pemimpin dan raja akan mendekati dan menghormatinya. Adapun jika dia bermimpi membaca surah al-Muthaffifin, maka ia akan diberi kepercayaan untuk memegang amanat dan menepati janji, di samping itu ia akan dianugerahi keadilan. Dan jika seseorang bermimpi membaca surah al-Insyiqaq berarti ia akan memiliki keturunan dan anak laki-laki yang banyak. Adapun mimpi membaca surah al-Buruj menandakan bahwa orang yang bermimpi akan terlepas dari kesedihan dan dimuliakan dengan kepiawaian dalam satu cabang ilmu pengetahuan, dan ada ahli takwil yang menyatakan bahwa ia adalah ilmu perbintangan. Sedangkan orang yang bermimpi membaca surah ath-Thariq akan diilhamiuntuk banyak bertasbih. Jika seseorang bermimpi membaca surah al-A'la beraiti ia akan dapat menyelesaikan segala urusan dan permasalahaimya dengan mudah. Barangsiapa bermimpi membaca surah al-Ghasyiyah, maka skil atau keahliannya akan meningkat dan ia akan terkenal begitu juga dengan ilmu pengetahuan yang ia kuasai. Jika dalam tidurnya seseorang bermimpi membaca surah al-Fajr, itu pertanda bahwa ia akan di-hormati dengan keanggunan dan kewibawaan. Adapun jika seseorang bermimpi membaca surah al-Balad berarti ia senantiasa menghormati dan memberi makan anak-anak yatim dan menyayangi kaum lemah. Sedangkan orang yang bermimpi membaca surah asy-Syams akan diberi pengertian yang baik dan kecerdasan dalam berbagai hal.
Selanjutnya, mimpi membaca surah al-Lail menandakan bahwa orang yang bermimpi senantiasa bangun dan beribadah di malam hari dan mimpi ini juga menandakan bahwa aibnya akan terjaga. Adapun mimpi membaca surah adh-Dhuha menandakan bahwa orang yang bermimpi tersebut sangat menghormati orang-orang miskin dan anak-anak yatim. Diriwayatkan bahwa salah seorang dari keturunan 'Ali bin Abi Thalib ('Alawiyyin) bermimpi melihat di atas kening-nya tertulis surah adh-Dhuha. Maka dia menceritakannya kepada Ibnu al-Musayyab dan beliau mentakwilkan bahwa ajalnya sudah dekat, dan ternyata setelah lewat satu malam orang itu pun meninggal dunia. Barangsiapa bermimpi membaca surah al-Insyirah, maka Allah SWT akan menenangkan hatinya kepada Islam, memudahkan urusannya dan menghapus kesedihannya. Jika seseorang bermimpi membaca surah at-Tin berarti Allah akan menyegerakannya dalam memenuhi kebutuhannya dan memudahkan rezeki-nya. Adapun orang yang bermimpi membaca surah al-'Alaq akan dianugerahi kemahiran dalam menulis, kefasihan dalam berbicara dan sifat rendah had. Mimpi membaca surah alQadr menandakan umur yang panjang serta peningkatan keadaan dan kemampuan. Jika seseorang bermimpi membaca surah al-Bayyinah, maka lewat tangannya sebuah kaum yang sesat akan mendapatkan hidayah. Barangsiapa bermimpi membaca surah al-Zalzalah, maka dengamya Allah SWT akan mengguncang telapak-telapak kaki orang-orang kafir. Jika seseorang bermimpi membaca surah al-'Adiyat, maka ia akan diberi rezeki dengan seekor kuda beserta tali kekangnya. Dan jika seseorang bermimpi membaca surah al-Qari'ah dia akan dimuliakan dengan ibadah dan ketakwaan. Sedangkan mimpi membaca surah at-Takatsur menandakan bahwa si pemilik mimpi hanya berkosentrasi kepada harta-hartanya sampai meninggalkan shalat berjama'ah. Adapun orang yang bermimpi membaca surah al-'Ashr akan dimudahkan untuk bersabar, ditolong dalam kebenarannya dan ia akan menderita kerugian dalam perniagaan, tetapi kemudian dia akan memperoleh ke-untungan yang banyak.
Kemudian, barangsiapa bermimpi membaca surah al-Humazah, maka ia akan mengumpulkan apa-apa yang tidak bermanfaat baginya dalam melakukan kebajikan. Adapun membaca surah al-Fil dalam mimpi menandakan bahwa si pemilik mimpi akan mengalahkan musuh-musuhnya dan bersamanya Islam akan menaklukkan berbagai kota. Jika seseorang bermimpi membaca surah al-Quraisy, itu menandakan bahwa ia gemar memberi makan orang-orang miskin dan Allah akan menyatukan hatinya dengan hati para hamba-Nya. Dan jika seseorang bermimpi membaca surah al-Ma'un berarti ia akan menaklukkan orang-orang yang menentang dan memusuhinya. Adapun orang yang bermimpi membaca surah al-Kautsar akan mendapatkan banyak kebaikan di dunia dan di akhirat. Apabila seseorang bermimpi membaca surah al-Kafirun, itu pertanda bahwa ia akan senantiasa memerangi kaum kafir. Barangsiapa bermimpi membaca surah an-Nashr, ia akan mendapatkan pertolongan Allah sehingga dapat mengalahkan musuh-musuhnya. Mimpi ini juga menandakan bahwa kematian orang tersebut telah dekat, karena itu adalah surah yang memberitahukan kematian Nabi saw kepadanya. Diriwayatkan bahwa seorang pria mendatangi Ibnu Sirin dan berkata, "Sesungguhnya dalam tidurku aku bermimpi membaca surah al-Faht (an-Nashr)."