Halaman 99

Hamilnya seorang laki-laki menunjukkan kemajuan atau tambahan dalam urusan duniawi, dan menurut sebagian ahli takwil, hal itu berarti kesedihan karena membunuh seseorang yang tidak bersalah. Seorang laki-laki yang melahirkan bayi menunjukkan bahwa ia akan tertimpa kesedihan yang mendalam. Seorang wanita yang bermimpi hamil berarti hartanya akan bertambah; sedangkan apabila ia melahirkan anak laki-Iaki berarti akan lahir seorang anak perempuan, namun kadangkala bagi seorang wanita yang mempunyai perilaku aneh mimpi tersebut akan sesuai dengan kenyataan, dalam arti kata bila ia bermimpi melahirkan anak laki-laki, maka akan lahir anak laki-laki pula, sedangkan bila ia bermimpi melahirkan anak perempuan, maka akan lahir pula anak perempuan.
Apabila seorang laki-laki bermimpi bahwa istri atau budak wanitanya melahirkan anak perempuan berarti ia akan mendapatkan suatu nikmat atau kebaikan. Sedangkan bila mereka melahirkan anak laki-laki berarti ia akan mengalami kesedihan yang besar. Demikian juga bila ia bermimpi membeli budak wanita berarti ia akan mendapatkan kebaikan, sedangkan bila ia bermimpi membeli budak laki-laki berarti ia akan mengalami kesedihan besar.
Ringkikan kuda melambangkan akan mendapatkan kewibawaan dari seorang laki-laki mulia; Ucapan kuda takwilannya seperti apa-apa yang diucapkannya karena binatang tidak pernah berbohong; Pekikan keledai melambangkan celaan atau hujatan dari seorang musuh laki-laki yang bodoh; Suara bagal berarti suatu kesulitan yang ditemui dari seorang laki-laki yang sulit (Laki-laki kikir dan tidak pemurah).
* Suara sapi jantan melambangkan terjatuh pada sebuah fitnah (kesesatan atau bencana); Suara unta menunjukkan sebuah perjalanan besar seperti untuk haji, berjihad, atau perdagangan yang akan membawa untung besar; Embekan kambing berarti mendapatkan kebaikan dari seorang laki-laki mulia; Teriakan kibas (kambing jantan) atau jadiy (anak kambing bawah umur satu tahun) berarti kegembiraan dan kesuburan; Auman singa berarti ketakutan dari seorang penguasa yang suka berbuat zalim. Meongan kucing berarti makian dari seorang pembantu pencuri; Suara kijang berarti akan mendapatkan gadis asing yang cantik; suara musang berarti makar atau tipuan dari seorang laki-laki pendusta; gonggongan anjing berarti penyesalan dari suatu perbuatan zalim; suara babi berarti menang atas musuh-musuh yang bodoh dan atas harta mereka. Suara tikus berarti bahaya dari seorang laki-laki pembobol, pencuri, dan fasik. Lengkingan serigala berarti teriakan para wanita, orang-orang yang terkurung, dan para fakir. Suara macan berarti ucapan dari seorang laki-laki yang rakus; suara burung unta berarti mendapatkan seorang pembantu yang berani; Suara burung merpati berarti wanita Muslimah qari'ah (ahli baca Al-Qur'an) dan mulia; Suara burung layang-layang berarti nasihat dari seorang pendidik.
Menurut sebagian ahli takwil, semua suara burung menunjukkan kebaikan dan tingginya kedudukan si pemilik mimpi.
Desiran ular berarti menjauh dari suatu musuh yang menyimpan permusuhan lalu dapat menang atasnya; Suara katak berarti masuk atau ikut serta bekerja dengan sebagian pemimpin, penguasa, atau ulama.
Seorang laki-laki datang pada Ibnu Sirin, lalu berkata, "Aku bertemu dengan seekor binatang yang berbicara denganku," Ibnu Sirin menjawab, "Itu berarti kamu akan mati," lalu ia membaca ayat, "Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan berbicara kepada mereka." (QS. an-Naml: 82). Kemudian laki-laki ternyata memang meninggal pada hari itu juga.
Syekh Abu Sa'id rahimahullah berkata: Mimpi terkena penyakit demam tidak baik takwilnya karena ia adalah peringatan dan tanda kematian; Setiap bermimpi melihat orang yang kena penyakit demam berarti orang itu mulai melakukan suatu perbuatan yang akan menyebabkan rusak urusan agamanya; Mimpi kena penyakit demam berkepanjangan berarti selalu melakukan dosa; Berpenyakit demam secara berkala berarti tobat dari suatu dosa setelah mendapatkan hukuman atasnya; demam ringan berarti lalai atau suka meremehkan; Demam berat berarti bersegera pada perbuatan batil; demam sedang berarti mendapatkan hukuman dari suatu dosa dan ia telah tobat darinya berkali-kali, kemudian ia melanggar tobatnya. Sedangkan menurut sebagian ahli takwil, bermimpi kena penyakit demam berarti umur panjang, badan sehat, dan banyak harta.