Halaman 66

Adapun otak, ia melambangkan pikiran dan kecerdasan. Oleh karena itu, jika seseorang bermimpi melihat otaknya berukuran besar, berarti ia adalah orang cerdas dan pintar. Seedangkan jika ia bermimpi tidak memiliki otak, berarti ia adalah orang yang bodoh dan sedikit akalnya. Tetapi ada yang menafsirkan bahwa otak dalam mimpi melambangkan harta nadzar yang disimpan dan dijaga kesuciannya. Jika seseorang bermimpi memakan otak atau sumsum tulang belakangnya, itu menandakan bahwa ia akan menghabiskan harta. Serta ada yang menafsirkan bahwa memakan otak seorang mayat menandakan bahwa orang yang melihatnya akan mati dalam waktu singkat.
Ubun-ubun atau rambut bagian depan melambangkan harta benda dan kedudukan. Dan ada juga yang menafsirkan bahwa orang yang melihat mimpi ini akan mengawini wanita yang kecantikannya sesuai dengan bagus tidaknya bentuk ubun-ubun atau rambut bagian depan kepala. Sedangkan dahi melambangkan pangkat dan wibawa. Dan kelebihan pada dahi asal tidak memperjelek, menandakan kelahiran anak yang akan mengangkat nama baik keluarga. Dan dikatakan bahwa mimpi melihat dahi yang terbuat dari besi, tembaga atau batu adalah pertanda penghargaan baik bagi seorang polisi, keamanan pasar, atau orang yang mencari penghidupan dengan ular-ular. Sedangkan bagi yang lainnya, mimpi ini menandakan perselisihan di antara sesama mereka.
Dua pelipis dalam mimpi melambangkan dua anak yang mulia dan diberkahi. Sedangkan alis mata melambangkan budi pekerti, kehidupan relegius dan kedudukan yang baik. Dan cacat pada pelipis menandakan kekurangan dalam hal-hal di atas. Dan di antara pentakwil ada yang menafsirkan bahwa dua alis yang pekat dan lebat menandakan pujian, karena kaum wanita menghitamkan alisnya dalam berhias.
Adapun mata, ditafsirkan sebagai agama dan akal yang dipakai untuk membedakan antra yang benar dan yang sesat. Jika seseorang bermimpi melihat banyak mata di sekujur tubuhnya, itu menandakan peningkatan keshalehan dan ketaatan dalam menjalankan agama. Apabila seseorang bermimpi melihat perutnya terbuka dan dalamnya ada beberapa mata, itu menandakan bahwa ia seorang kafir atau atheis. Allah SWT berfirman, "Allah sekali-kali tidak menjadikan bagi seseorang dua buah hati dalam rongganya; ...." (QS. al-Ahzab:4)
Jika seseorang bermimpi seolah-olah mata-nya diganti dengan mata orang lain yang aneh dan tidak ia kenal, itu berarti penglihatannya akan lenyap lalu orang lain yang akan menjadi penunjuk jalan baginya. Sedangkan jika ia mengenal siapa pemiliki mata itu, berarti ia akan mengawini putri dari orang tersebut serta dari orang itu ia akan memperoleh kebaikan. Mimpi kehilangan kedua belah mata menandakan kematian anak. Apabila seseorang bermimpi melihat matanya buta sedang ia berada di tempat yang asing, itu menandakan bahwa ia akan tetap berada di pengasingan atau perantauan sampai meninggal dunia.
Dalam tafsirannya, mata yang terbuat dari besi adalah pertanda kesedihan yang sangat me-nyakitkan sampai-sampai aib orang yang melihat mimpi itu terbongkar. Adapun mimpi mem-bukakan mata sendiri kepada orang lain menandakan bahwa ia akan memperhatikan dan menolong orang itu dalam segala urusannya. Sedangkan jika seseorang bermimpi memandang orang lain dengan pandangan sinis, ditafsirkan bahwa ia dengki kepada orang tersebut.
Barangsiapa bermimpi seolah-olah ia mendengar dengan mata dan melihat dengan telinga berarti ia akan membawa putri dan keluarganya kepada pekerjaan maksiat. Dan siapa bermimpi melihat di telapak tangannya ada mata manusia atau binatang, itu menandakan bahwa ia akan memperoleh harta dalam bentuk benda. Jika seseorang bermimpi melihat sebuah mata dan ia terpukau serta melihatnya sebagai sesuatu yang indah, maka itu menandakan bahwa ia akan melakukan sesuatu yang membahayakan keimanannya.
Mata yang hitam di dalam mimpi melambangkan agama. Mata yang berwarna biru pekat melambangkan bid'ah. Mata yang berwarna biru (seperti mata orang-orang Eropa) menandakan pekerjaan yang bertentangan dengan agama. Sedangkan mata yang berwarna hijau menandakan sebuah agama yang menyangkal agama-agama lainnya.