Halaman 119

Bermimpi melihat sesuatu yang dibenci masuk ke mulut berarti kebencian yang sangat dalam kehidupannya; jika masuk ke mulutnya suatu makanan lembut, baik, dan disukai sehingga mudah menelannya berarti kebaikan penghidupan dan kemudahan dalam bekerja. Bermimpi mulutnya penuh dengan makanan yang sehingga membuatnya lemah menunjukkan bahwa ia akan mendapat fitnah. Dan mimpi itu juga berarti umurnya telah hilang sebanyak makanan yang di dalam mulutnya itu, sedangkan kelebihan makanan yang dimulutnya adalah sisa umurnya.
Mimpi mengunyah makanan sampai habis melambangkan keselamatan; jika tidak habis berarti hendaklah ia bersiap-siap untuk mati. Siapa yang bermimpi menjilat menandakan kebaikan dirinya. Menjilat juga berarti menarik ucapan. Rambut dalam suapan melambangkan kesusahan, kesedihan, dan kesulitan. Menjilat jari-jari melambangkan akan memperoleh sedikit kebaikan dari makanan yang dijilat itu. Siapa yang bermimpi meminum makanan seperti meminum air menandakan kelapangan dalam penghidupannya.
Semua makanan melambangkan rezeki selain bubur dan telur.
Bubur tepung dengan minyak sapi melambangkan dukacita dari segi tanggung jawabnya kepada anak-anaknya. Siapa yang dalam mimpinya melihat ia makan bubur dengan minyak sapi sedang shalat menandakan ia akan bertemu dengan seorang wanita sedang ia dalam keadaan berpuasa. Manisan yang membeku adalah pembicaraan tentang yang manis-manis. Orang yang bermimpi mengambil makanan thabahijah dan mengajak orang lain untuk memakannya berarti ia akan minta tolong kepada orang yang diajaknya itu untuk mengalahkan orang; jika ia menghidangkannya kepada orang, maka ia akan menafkahkan hartanya untuk mencari perdagangan atau belajar membuat barang.
Makanan yang sangat asam sehingga tidak sanggup untuk memakannya menandakan orang yang bermimpi akan menderita suatu penyakit yang membuatnya sulit makan. Mengambil makanan asam berarti akan mendengar kata-kata kotor; jika seseorang melihat ia mengambil makanan asam dan menyodorkan kepada orang lain berarti ia akan mendengar makanan serupa itu. Memakan makanan asam berarti akan menderita kesedihan atau penyakit. Bermimpi memakan makanan asam dan ia memakannya dengan sabar dan memuji Allah SWT, maka ia akan mendapatkan kebaikan.
Memakan masakan yang terbuat dari daging kambing bercampur cuka dengan bumbu yang lengkap menunjukkan jiwa yang baik, kekuatan yang sempurna, dan keselamatan dalam menghadapi orang; Jika makanannya terbuat dari daging sapi lalu memakannya menunjukkan kehidupan yang baik dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan; Jika terbuat dari daging burung yang bagus lalu memakannya menunjukan kekusaan, kekuatan, kesejahteraan hidup, dan kesehatan badan; Jika terbuat dari daging burung menunjukkan perdagangan atau kekuasaan terhadap suatu kaum yang terkenal kekayaannya tergantung banyak atau sedikit minyaknya.
Makanan Zarbajah tanpa kunyit berarti mendapat suatu manfaat; jika bercampur kunyit berarti orang yang memakannya akan menderita suatu penyakit. Demikian pula semua makanan yang berwarna kuning.
Semua makanan yang berwarna putih atau warna-warna lain jika dimakan berarti akan mendapatkan sesuatu yang baik dan me-nyenangkan, kecuali dadih susu, maka ia berarti kesedihan mendalam karena kandungan minyak lemaknya sudah hilang.
Makanan yang terbuat dari tepung dan susu berarti mendapat rezeki dalam keadaan susah dan sakit; jika makanan itu mengandung minyak menunjukkan usaha perdagangan yang tidak baik namun memberikan manfaat yang banyak.
Mencacahkan roti ke dalam bubur yang berminyak berarti akan mendapatkan kekuasaan yang bermanfaat dan kelapangan dunia, sedangkan jika tidak berminyak berarti kekuasaan yang tidak bermanfaat.