Halaman 59

Gadis pelayan muda berpenampilan baik dan yang disukai oleh pemuda baik menandakan pujian baik dan kebaikan yang diharapkan. Jika seseorang bermimpi membeli pemuda sebagai pelayan, maka itu menandakan kesedihan. Sedangkan jika seseorang bermimpi membeli  anak gadis sebagai pelayan, maka itu adalah pertanda kebaikan. Jika seorang hamba sahaya yang belum balik bermimpi seolah-olah ia telah melihat mimpi basah, berarti ia akan dibebaskan. Sedangkan jika setelah melihat mimpi basah dipakaikan untuknya pakaian yang berwarna putih, itu menandakan bahwa ia akan mengawini wanita yang merdeka. Namun, jika yang dipakaikan kepadanya adalah pakaian yang berwarna hitam, maka itu menandakan bahwa ia akan mengawini hamba sahaya yang dimerdekakan. Jika yang dipakaikan adalah pakaian yang berwarna ungu, itu berarti ia akan kawin dengan wanita bangsawan dan terhormat. Jika yang melihat mimpi ini bukan seorang pelayan, maka itu menandakan bahwa putranya telah mencapai masa baligh. Sedangkan jika seorang yang sudah tua melihat mimpi ini, maka itu menandakan kematiannya. Dan jika yang melihat mimpi ini adalah seorang yang suka melakukan maksiat secara sembunyi-sembunyi, berarti perbuatannya itu akan terungkap. Adapun tafsiran dari mimpi memperoleh anak yang baligh adalah keagungan dan kekuatannya, dan mimpi ini juga menandakan bahwa ibunya lebih berhak kepadanya dalam hal penafsiran mimpi daripada bapaknya.
Apabila seorang perempuan bermimpi melihat pria yang tidak berjenggot, itu adalah kebaikan yang akan mendatanginya, dimana sedikit banyaknya tergantung pada kadar ketampanan atau kejelekan pria itu. Dan ditafsirkan bahwa jika seorang yang memiliki anak kecil bermimpi melihat anaknya sudah tumbuh dewasa, berarti ia akan segera meninggal dunia. Dan sebagian ahli takwil mimpi menanfsirkan bahwa mimpi melihat anak laki-laki yang masih kecil berubah menjadi baligh dan bergabung bersama orang-orang yang telah dewasa, menandakan bantuan motivasi dan materil.
Banyak orang bermimpi terlahir untuknya anak laki-laki dan kebetulan ketika itu isterinya sedang hamil, tetapi kemudian ia malah mendapatkan anak perempuan. Dan ada juga yang bermimpi melihat isterinya melahirkan anak perempuan, tetapi ia malah mendapatkan anak laki-laki. Dan bisa juga terjadi sebaliknya, yaitu orang yang bermimpi melihat anak laki-laki lalu isterinya melahirkan anak laki-laki. Dan orang yang bermimpi mendapatkan anak perempuan kemudian hal itu memang terjadi. Oleh karena itu dalam hal ini hendaklah dicabut segala rumus dan ketentuan, karena sesungguhnya Allah akan memberitahumu jika sudah tiba waktunya.
Sebagian pentakwil mimpi menyatakan bahwa mimpi melihat pelayan muda laki-laki lebih baik daripada pelayan muda perempuan. Diriwayatkan bahwa seorang perempuan yang gemar membaca Al-Qur'an bermimpi melihat para pelayan muda perempuan di sekeliling Ka'bah, dan di tangan mereka terdapat batang selasih atau kemangi sedang di atas mereka ada tanaman 'ushfur [Semacam tanaman yang buahnya menghasilkan minyak] lalu seolah-olah ia berkata, "Subha-nallah, inikah yang terdapat di sekeliling Ka'bah!" Kemudian dikatakan kepadanya, "Tidakkah kamu mengetahui bahwa Abdul Aziz ibn Abu Dawud melangsungkan perkawinannya malam ini?" Maka ia terjaga dan ternyata Abdul Aziz ibn Abu Dawud telah meninggal dunia.
Syekh Abu Sa'ad ra mengatakan bahwa kulit beserta epidermis (kulit ari) merupakan penutup terluar bagi manusia. Di dalam mimpi, kulit ari yang berwarna hitam melambangkan kemuliaan yang didapatkan dengan meninggalkan agama. Jika seseorang bermimpi melihat wajahnya berubah menjadi hitam sedang pakaiannya berwarna putih, berarti anak perempuannya akan lahir. Allah berfirman, "Dan bila seseorang dari mereka diberi kabar dengan [kelahiran] anak perempuan, hitamlah [merah padamlah] muka-nya, dan dia sangat marah." (QS. an-Nahl: 58)
Diriwayatkan bahwa Amirul Mukminin, Muhammad ibn al-Manshur al-Mahdi bermimpi seolah-olah wajahnya berwarna hitam. Maka ia terjaga dengan perasaan sedih dan memanggil Ibrahim ibn Abdullah al-Karmani.