Halaman 129

Kopiah dalam mimpi melambangkan perjalanan yang jauh, atau pernikahan seorang wanita, atau pembelian seorang budak. Bermimpi memakai kopiah berarti akan mendapatkan kekuasaan dan akan mendapat kebaikan dari pemimpin atau penguasa untuk kekuasaannya; jika kopiahnya dilepaskan oleh pemuda atau penguasa yang tidak dikenal dari kepalanya berarti matinya pemimpin atau atasannya dan keduanya berpisah dengan kematian atau ke-hidupan.
Bermimpi melihat payung pelindung dari panas di atas kepala berarti akan hidup di bawah perlindungan pemimpin; jika warnanya putih berarti akan mendapat kekuasaan dari orang yang memakainya; jika tidak berarti hutangnya yang diketahuinya.
Siapa yang bermimpi melihat raja memberi kopiah pada seseorang berarti ia akan menjadi pemimpin di kalangan pemimpin-pemimpin manusia dalam kekuasaan. Memakai kopiah yang dibalikkan melambangkan perubahan kepemimpinannya dari kebiasaannya. Melihat kopiah pemimpin atau imam rusak atau bagus dalam mimpi berarti ia dalam Islam dan menghadap kepada Allah SWT dengannya ber-sama orang-orang Islam yang kuat; jika kopiah­nya bercorak sebagaimana dipakai oleh orang-orang shaleh, maka ia akan mencontoh mereka dan mengikuti jejak mereka dalam me-nunjukkan urusannya.
Melihat kopiah sendiri kotor atau ber-hadats menunjukkan dosa yang dilakukannya; jika seorang janda melihat kopiah di atas kepalanya berarti ia akan menikah. Wanita hamil yang bermimpi melihat kopiah berarti akan melahirkan anak. Siapa yang bermimpi melihat kopiah dari bulu musang, bulu tupai, atau bulu serigala berarti pemimpinnya akan menjadi penguasa zalim dan aniaya; jika pemimpinnya orang yang berilmu agama berarti ia akan me-lakukan keburukan dalam agama; jika pemim­pinnya seorang pedagang berarti keburukan yang dilakukannya dalam perdagangan. Kopiah dari bnhi biri-biri melambangkan keshalehan.
Seseorang datang kepada ahli takwil dan ber-kata, "Aku bermimpi melihat musuhku yang ahli ilmu agama memakai pakaian hitam, kopiah hitam, dan menunggang keledai yang juga berwarna hitam.," maka dikatakan ke-padanya, "Kopiah hitam berarti ia akan menjadi hakim (qadhi) dan penguasa. Pakaian hitam melambangkan martabat yang tinggi akan diper-olehya. Sedangkan keledai berwarna hitam adalah kebaikan dan negeri yang mengiringi martabatnya.
Sapu tangan melambangkan pelayan. Sapu tangan yang baru dan bagus melambangkan pelayan. Kerudung wanita melambangkan suaminya, pembatasnya, pemimpinnya, kela-pangan dalam keadaannya melakukan aqadjual beli yang mendatangkan harta yang banyak. Kerudung wanita berwarna putih melambang­kan agama dan di hadapannya; jika seorang wanita bermimpi meletakkan kerudungnya di atas kepala di antara manusia berarti kehidup-annya akan berakhir. Kerusakan pada kerudung melambangkan musibah yang akan menimpa suaminya jika ia punya suami; jika ia tidak ber-suami, maka musibah akan menimpa hartanya.
Jika seorang wanita bermimpi melihat ke­rudungnya berwarna hitam berarti ia akan memakai kerudung karena kematian suaminya atau dalam kefakirannya; jika seorang wanita melihat kerudungnya terbang menunjukkan tipu day a wanita yang menjadi musuhnya dan perubahan wajahnya pada suaminya.
Kemeja laki-laki melambangkan usaha se­orang laki-laki, penghidupan dan agamanya; jika ia bermimpi tentang satu kemeja atau lebih ber-hubungan dengan itu.
Kemeja laki-laki melambangkan berita gem-bira sebagaimana firman Allah SWT, "Pergilah kamu dengan membawa baju gamusku ini...." (QS. Yusuf: 93) Jika yang bermimpi seorang laki-laki melambangkan istri, sedangkan jika yang bermimpi adalah perempuan melambangkan suami sebagaimana firman Allah SWT,"... mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah, pakaian bagi mereka...." (QS. al-Baqarah: 187)