Halaman xxii

Anda karena tali kekang anjing, sajur, dibikin dari kayu, sedangkan kayu melambangkan kemunafikan dalam beragama sebagaimana yang difirmankan Allah SWT tentang kaum munafik, "Dan apabila kamu melihat mereka, tubuh-tubuh mereka menjadikan kamu kagum. Dan jika mereka berkata kamu mendengarkan perkataan mereka. Mereka adalah seakan-akan kayu yang tersandar. (QS. al-Munafqun: 4)
Dengan demikian, kata sdjur dan al-ghul menjadi takwilnya, yaitu bahwa ia adalah seorang munafik, pengkhianat, dan kafir. Dan ini adalah takwil yang lebih kuat dari satu keterangan saja, dan laki-laki ini tidak mempunyai saksi yang akan menguatkannya. Jadi, laki-laki ini adalah seorang dipanggil tidak sesuai dengan nama ayah kandungnya, tidak pula sesuai dengan nama sukunya, dan bahkan ia mengaku sebagai orang Arab sedangkan ia orang ajam (non-Arab)," lalu wanita itu berkata, "Inna lillahi wa inna ilahi rajiun," karena keadaannya benar-benar seperti yang dikatakan.
Demikian juga halnya dengan berbagai masalah yang dikuatkan oleh satu atau dua dalil dan saksi, maka ia akan menguatkan takwil. Hal ini sebagaimana juga terdapat dalam firman Allah SWT yang menceritakan tentang mimpi Raja Fir'aun, "Raja berkata [kepada orang-orang terkemuka dari kaumnya], 'Sesungguhnya aku bermimpi melihat tujuh ekor sapi betina yang gemuk-gemuk dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir [gandum] yang hijau dan tujuh bulir lainnya yang kering.' Hai orang-orang yang terkemuka, 'Terangkanlah kepadaku tentang ta'bir mimpiku itu jika kamu dapat mena'birkan mimpi." (QS. Yusuf: 43)
Dalam ayat ini tujuh ekor sapi betina yang gemuk melambangkan 7 tahun yang subur, sedangkan tujuh ekor sapi kurus melambangkan masa-masa kering, lalu pernyataan ini dikuatkan lagi oleh ungkapan ''dan tujuh bulir [gandum] yang hijau dan tujuh bulir lainnya yang kering," ia juga melambangkan 7 tahun subur dan 7 tahun kering yang merupakan dalil penguat atau saksi terhadap tahun yang dilambangkan oleh sapi. Sebagaimana juga al-ghul dikuatkan oleh kata sdjur dalam melambangkan pengkhianatan dan kekafiran.
Tidak ada satu pun ilmu yang tidak diperlukan dalam ilmu takwil mimpi bahkan termasuk ilmu hitung, falak, ilmu warisan, hukum, bahasa Arab, makna aneh dalam bahasa, permisalan, pepatah, hikmah, ilmu fiqih, manasik haji, ilmu halal haram, shalat, wudhu', dan berbagai ilmu lainnya. Segala perbedaan yang terdapat dalam berbagai ilmu tersebut harus dikiaskan, lalu sesuaikanlah semua itu dengan ilmu kaidah umum (al-ushul). Dan hendaklah Anda menafsirkan sesuai dengan hasil kesimpulan murni Anda, jangan terpengaruh oleh pemilik mimpi itu meskipun ia seorang yang terpercaya.
18. Perubahan Takwil Masa Sekarang
Satu hal penting yang harus Anda sadari dan pahami bahwa ilmu-ilmu dasar teori takwil mimpi lama tidak akan pernah berubah, tapi yang akan berubah adalah adat kebiasaan manusia, gaya hidup masyarakat, etika, akhlak atau moral mereka, cita-cita hidup mereka, dan tingkat prioritas perhatian mereka terhadap urusan dunia dibandingkan dengan urusan akhirat mereka.
Oleh karena itu, masalah mendasar yang perlu Anda perhatikan sekarang ini adalah tentang cita-cita, impian, dan angan-angan manusia. Kini impian dan prioritas perhatian manusia sudah berpindah dari agama pada dunia, mereka lebih mengutamakan dunia, harta bendanya, kemewahan sebagai impian dan cita yang paling besar bagi mereka, kecuali bagi segelintir orang yang masih agamis dan mempunyai sifat zuhud.
Misalnya, para sahabat masa Nabi saw apabila bermimpi melihat kurma, maka ia melambangkan manisnya agama mereka; madu melambangkan bacaan Al-Qur'an, menuntut ilmu agama, dan perbuatan baik bagi mereka, dan rasa manis itu terdapat dalam dada mereka. Akan tetapi, pada