Halaman 64

Diriwayatkan bahwa Ibnu Sirin tidak menyukai rambut putih pada anak muda, dan ia mengatakan bahwa itu melambangkan kemiskinan dan kesedihan. Apabila seorang miskin bermimpi melihat uban di kepalanya, maka kemiskinannya akan ditambah dengan hutang-hutang dan mungkin saja ia akan ditahan. Dan apabila seseorang bermimpi mencabut ubannya, berarti ia melakukan perbuatan yang bertentangan dengan ajaran Rasulullah saw, meremehkan para pemimpin dan orang-orang yang sudah tua. Dan jika seseorang anak muda bermimpi melihat uban pada rambutnya, itu berarti akan datang kepadanya seseorang yang telah lama tidak ia jumpai. Namun ada yang menafsirkan bahwa uban melambangkan bertambahnya keteguhan hati dan ketaatan dalam beragama. Dan ada juga yang menafsirkan bahwa mimpi ini menandakan umur yang panjang. Allah berfirman, "... kemudian [dibiarkan kamu hidup lagi] sampai tua...." (QS. al-Mu'min: 67)
Dan mimpi melihat uban dikepala juga menandakan kelahiran anak. Sebagaimana firman Allah Ta'ala, "Ia berkata, 'Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku. Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putra." (QS. Maryam: 4-5)
Diriwayatkan bahwa al-Hajjaj ibn Yusuf bermimpi seolah-olah kepala dan jenggotnya berubah menjadi putih, lalu dengan perasaan sedih ia menemui Abdul Malik ibn Marwan, dan kedaannya pun berubah. Sedangkan jika seorang wanita bermimpi melihat seluruh kepalanya ditumbuhi uban, itu menandakan bahwa suami-nya melakukan zina dengan perempuan lain. Namun jika suaminya seorang yang shaleh, maka mimpi ini menandakan bahwa suaminya akan mengganti kedudukannya sebagai isteri dengan perempuan atau hamba sahaya yang lain. Jika tidak, itu berarti suaminya akan menderita kesedihan akibat ulahnya.
Bagi kaum laki-laki yang sudah menikah, mimpi melihat rambut yang berkepang menandakan kelahiran anak yang diberkahi. Dan bagi yang masih membujang, ini menandakan gadis pelayan cantik yang akan ia beli, dimana banyak pelayan itu sesuai dengan jumlah kepangan rambut yang ia lihat. Sedangkan bagi kaum wanita, mimpi ini menandakan kelahiran seorang anak yang kelak akan menjadi pemimpin. Di samping itu, mimpi ini juga menandakan kemakmuran di tahun tersebut.
Adapun rambut hitam pada perempuan menandakan kepada dua hal: yang pertama ialah kecintaan suaminya kepadanya, sedangkan yang kedua menandakan kedaan suaminya yang istiqamah. Jika seorang wanita bermimpi melihat rambutnya terbuka (tanpa tutup), itu berarti suaminya akan menjauh darinya. Dan jika rambutnya tetap terbuka sampai akhir mimpinya berarti suaminya tidak akan kembali lagi kepadanya. Sedangkan bagi wanita yang belum bersuami, mimpi ini menandakan bahwa ia tidak akan bersuami. Dan apabila seorang wanita bermimpi melihat rambutnya sangat tebal atau lebat dan orang-orang melihatnya, berarti kejelekannya akan terungkap.
Jika seseorang bermimpi seolah-olah di atas kepalanya terdapat beberapa tanduk, itu menandakan bahwa ia adalah orang yang kuat dan tangkas. Adapun jika seseorang bermimpi melihat rambut di bagian depan kepalanya kusut, berarti pada waktu itu ia sedang mengalami penghinaan. Jika yang kusut adalah rambut di bagian belakang kepalanya berarti ia akan mendapatkan penghinaan pada keadaan yang serupa. Jika yang kusut adalah rambut di bagian kanan kepalanya, berarti ia akan tertimpa penderitaan dari kerabatnya yang laki-laki. Dan jika yang kusut adalah rambut pada bagian kiri kepalanya, berarti ia akan tertimpa penderitaan dari kerabatnya yang perempuan. Sedangkan apabila ia tidak mempunyai kerabat baik yang laki-laki ataupun perempuan, maka bahaya tersebut berasal dari dirinya sendiri.