Halaman 6

terhadap keterangan-keterangan Allah dan mereka membunuh nabi-nabi tanpa [alasanjyang benar." (QS. an-Nisa': 155)
Ini tafsir mimpi melihat nabi secara umum.
Detailnya, jika seseorang bermimpi melihat Nabi Adam as dalam bentuk dan kondisi yang sebenarnya, maka ia akan mendapatkan kedudukan tinggi apabila ia memang berhak dan mampu menjalankannya. Allah SWT berfinnan, "Ingatlah ketika Tuhanmu berkata, 'Sesungguh-nya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka burnt." (QS. al-Baqarah: 30) Dan jika dalam mimpinya seseorang melihat Nabi Adam as berbicara kepadanya, maka ia akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang banyak. Allah SWT berflrman, "Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama [benda-benda] seluruhnya." (QS. al-Baqarah: 31)
Serta ada juga ahli takwil yang mentakwilkan bahwa orang yang bermimpi melihat Nabi Adam as akan tertipu oleh perkataan musuhnya, tetapi kemudian dia terlepas dari kesulitan tersebut. Sedangkan perubahan warna muka atau kulit dalam mimpi ini menandakan perpindahan ke daerah lain lalu kembali ke daerah asal.
Jika sesorang bermimpi melihat Nabi Syits as, maka ia akan mendapatkan harta, anak dan kehidupan yang sejahtera. Jika seseorang bermimpi melihat Nabi Idris as, maka ia akan dimuliakan dengan ketakwaan dan dicap dengan kebaikan. Adapun mimpi melihat Nabi Nuh as menandakan bahwa orang yang bermimpi tersebut memiliki umur panjang yang disertai banyak cobaan dan rintangan dari pihak musuh, tetapi akhirnya ia akan dianugerahi kemenangan dan kesyukuran kepada Allah, sebagaimana firman-Nya, "[Yaitu] anak cucu dari orang-orang yang kami bawa bersama-sama Nuh. Sesungguhnya dia adalah hamba [Allah] yang banyak bersyukur." (QS. al-Isra': 3) Dan orang tersebut akan mengawini wanita yang hina lalu darinya lahirlah anak yang banyak.
Jika seseorang bermimpi melihat Nabi Hud as, maka ia akan diremehkan dan dianiaya oleh orang-orang yang memusuhinya, namun kemudian ia akan diberi kemenangan oleh Allah SWT. Sama juga halnya dengan orang yang bermimpi melihat Nabi Shaleh as.
Selanjutnya, siapa yang bermimpi melihat Nabi Ibrahim as, insya Allah akan dianugerahi ibadah haji. Dan ada ahli takwil yang menyatakan bahwa orang tersebut akan ditimpa siksaan yang pedih dari seorang penguasa yang zalim, lalu Allah menolongnya dari musuh-musuhnya dan memberinya nikmat yang banyak serta isteri yang shalehah. Namun ada juga yang menafsirkan bahwa mimpi ini melambangkan kedurhakaan kepada bapak. Diriwayatkan bahwa seorang buta yang bernama Sammak ibn Harb bermimpi dalam tidurnya seolah-olah Nabi Ibrahim as mengusap kedua matanya seraya berkata, "Pergilah ke laut dan menyelamlah dalamnya niscaya Allah akan mengembalikan penglihatanmu." Setelah bangun ia pun mengerjakan hal tersebut sehinggga ia dapat melihat.
Jika seseorang bermimpi melihat Nabi Ishaq as, maka ia akan mendapatkan kesulitan dari para pemimpin dan kerabatnya, tetapi kemudian Allah akan memberinya kemudahan, kekuatan, kemuliaan dan kabar gembira serta Allah akan menjadikan dari keturunannya para raja, pemimpin-pemimpin, dan orang-orang yang shaleh. Ini akan terjadi jika ia melihat Nabi Ishaq dalam keadaan baik. Sedangkan jika ia melihat Nabi Ishaq as tidak dalam keadaan baik, maka penglihatannya akan hilang, na'udzu billah!
Barangsiapa bermimpi melihat Nabi Ismail
as, ia akan dianugerahi kemahiran dalam hal strategi dan politik serta kefasihan dalam berbicara. Dan sebagian ahli takwil menafsirkan bahwa orang yang bermimpi itu akan mendirikan mesjid atau ikut membantu pembangunannya. Allah SWT berfirman, "Dan [ingatlah], ketika Ibrahim meninggikan [membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail." (QS. al-Baqarah: 127)
Dan ada juga ahli takwil yang mentakwilkan bahwa orang yang bermimpi melihat Nabi Ismail as akan mendapatkan ujian atau cobaan dari pihak bapaknya, kemudian Allah memudahkannya untuk melakukan hal tersebut.